Loading...

Khasiat Obat Tradisional Mahkota Dewa

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Pohon mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai obat tradisional, tumbuh subur di beberapa wilayah Indonesia. Pohonnya banyak diperoleh di Papua atau Irian Jaya.

Tanaman ini selain cocok sebagai tanaman obat, juga seringkali digunakan sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala, tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.

Khasiat Obat Tradisional Mahkota Dewa

Loading...

Penyimpanan dan Pengawetan

Selain daun dan akar muda, buahnya dapat dipakai sebagai obat. Karena tidak tahan lama, untuk buah yang sudah matang diperlukan cara khusus menyimpan agar tetap awet. Untuk memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara, diantaranya pendinginan, pengalengan dan pengeringan.

Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah. Kondisi pengeringan yang tepat akan menentukan mutu hasil pengeringan yang tinggi.

Kandungan Zat Aktif

Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif seperti: alkaloid, bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh.

Selain itu, saponin yang bermanfaat sebagai sumber anti bakteri dan anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah.

Sedangkan flavonoid, melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandung anti-inflamasi (anti radang), berfungsi sebagai antioksidan, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan, polifenol, dan berfungsi sebagai antihistamin (antialergi).

Khasiat dan Manfaat

Di samping hal tersebut di atas, buah mahkota dewa mengandung juga sejumlah unsur kimia yang dapat memberikan khasiat cukup baik untuk mengobati sejumlah penyakit.

Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan buah mahkota dewa sebagai obat:

1. Mengobati eksim dan gatal-gatal
2. Menghambat pertumbuhan sel-sel tumor dan kanker
3. Mengobati penyakit diabetes mellitus
4. Buah dan kulit buah mahkota dewa mengandung antioksidan potensial yang bermanfaat meningkatkan sistem daya tahan tubuh
5. Mengobati rematik dan asam urat
6. Mengurangi rasa sakit saat terjadi pendarahan ataupun pembengkakan
7. Meningkatkan kebugaran tubuh
8. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
9. Mengobati disentri
10. Menghilangkan jerawat pada wajah

Dan masih banyak khasiat lainnya yang belum disebutkan di atas.

Untuk menjadikan buah mahkota dewa sebagai obat, Anda bisa mencoba membuat ramuannya sendiri.

Salah satu contoh sederhana pengolahan buah mahkota dewa sebagai obat tradisional yaitu dengan menggunakan 7 irisan buah mahkota dewa yang sudah kering, lalu seduh dengan segelas air panas, atau rebus dengan dua gelas air, dan biarkan hingga tersisa 1 gelas.

Untuk rasa, anda bisa menambahkan sedikit gula Jawa atau madu dan perasan jeruk nipis. Aduk rata lalu diminum dua kali sehari, pagi hari dan malam menjelang tidur.

Guna mendapatkan manfaat maksimal dari buah mahkota dewa, minum ramuan secara rutin dengan memperhatikan takaran yang tepat, niscaya dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

(photo: flickr.com)