Loading...

Makanan Khas Ramadhan di Timur Tengah

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Resep

Makanan Khas Ramadhan di Timur TengahTERUSKAN.COM – Makanan khas biasanya memiliki peran besar saat menyambut dan merayakan datangnya Bulan Ramadhan. Bahkan ada beberapa jenis makanan yang hanya akan ditemui di bulan suci ini saja. 

“Minuman seperti jellab, amar al-deen dan tamar hindi sangat penting selama bulan suci,”  kata Elie Bassil, manajer restoran Lebanon Abdel Wahab. “Makanan dengan saus sangat disukai oleh pengunjung kami saat Bulan Ramadhan karena akan mengembalikan stamina mereka  setelah berjam-jam berpuasa,” tambahnya.

Sedangkan untuk hidangan penutup, yang paling populer adalah kunafa, luqaimat dan atayef, tambah nussair 

Loading...

Masih ada beberapa hidangan tradisional dan minuman yang akan Anda jumpai di Bulan Ramadhan, khususnya saat mengunjungi Timur Tengah.

1. Susu, Air dan Kurma

Sudah menjadi tradisi bagi setiap umat muslim untuk  mengonsumsi salah satu dari makanan ini. Bukan hanya di Timur Tengah, melainkan di seluruh dunia, akan menyajikan salah satu diantara ketiga makanan ini saat berbuka.

Selain menjadi tradisi, makanan ini juga menjadi salah satu makanan kegemaran  Nabi Muhammad SAW saat akan berbuka. 

2. Amar al-Deen

Merupakan minuman yang terbuat dari aprikot yang dipotong dan direndam dalam air selama berjam-jam. Dan hasil dari larutan kemudian dicampur dengan air secukupnya yang sangat pas untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

3. Erk Soos

Ekstrak dari tanaman akar manis yang dicampur dengan air membuat  minuman ini dapat Anda temukan saat berada di Mesir dan Levant (Yordania, Lebanon, Palestina dan Suriah).

4. Tamar Hindi

Tamar hindi atau asam adalah minuman dingin asam yang biasanya dijual sepanjang tahun atau saat Ramadhan di beberapa negara Arab.

5. Jellab

Sirup yang terbuat dari molase anggur dan dicampur dengan air mawar dan gula, kemudian es yang diletakkan pada bagian atas dan dihiasi dengan kacang pinus sangat sempurna untuk dinikmati saat berbuka. 

6.  Hidangan Sayuran

Paprika, terong, tomat, zucchini dan daun anggur yang diisi dengan beras membuat makanan ini dikenal di Arab sebagai Mahshi. Selain itu, ia juga dapat Anda temui di Mesir dan kawasan Mediterania.

7. Couscous

Hidangan dari Afrika Utara ini sangat tepat disajikan dengan daging, ayam, ikan atau sayuran.

8. Masgouf

Hidangan ini dapat Anda temui saat di Irak pada bulan Ramadhan yang terkenal dengan sajian ikan panggang.

9. Harees

Populer dan terdiri dari  gandum yang dimasak dengan menggunakan tumpukan tanah yang menggunakan ayam atau daging.

10. Kunafa

Merupakan hidangan manis yang terbuat dari gandum yang diisi dengan krim, keju, atau kacang-kacangan dan kismis yang dapat Anda nikmati saat berbuka di Arab.

11. Atayef

Awalnya makanan ini terkenal di Mesir dan Levant. Pancake ini dapat Anda temukan di Arab dan biasanya diisi dengan keju atau kacang-kacangan, dan disajikan dengan sirup gula atau madu.

12. Luqaimat

Kue yang berbentuk kecil dengan rasa yang manis, terbuat dari mentega, gula, susu dan tepung. Biasanya juga disebut luqaimat, awamat, dan zalabia.

13. Sup

Makanan ini dapat Anda temukan di berbagai negara. Menggunakan bahan dasar seperti ayam, lentil (kacang-kacangan), sayuran dan sup tomat. Biasanya disajikan saat berbuka di bulan Ramadhan.

14. Salad and Kacang-kacangan

Salad hijau yang terdiri dari sayur-sayuran dan kacang-kacangan juga menjadi pilihan makanan saat Bulan Ramadhan.

Masih banyak jenis makanan lainnya yang dapat Anda temui di Bulan Ramadhan. Yang perlu Anda ingat ialah untuk tetap memilih jenis makanan yang akan memberikan manfaat setelah berpuasa.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.wanderingspice.com)