Loading...

Daftar Makanan Super Pendorong Kekebalan Tubuh

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Sistem kekebalan tubuh adalah sistem yang agak rumit, struktur biologis yang melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Namun, ada saat-saat di mana sistem gagal, dan kuman menyerang.

Meskipun ada banyak obat yang dapat Anda gunakan jika sedang sakit, masih jauh lebih baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sebagai langkah pencegahan. Anda benar-benar dapat mengintervensi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan diet Anda dan mengambil suplemen yang tepat.

Daftar Makanan Super Pendorong Kekebalan Tubuh

Makanan Fermentasi

Loading...

Berikut adalah 20 makanan dan suplemen yang paling efisien:

1. Alpukat

Alpukat adalah tambahan yang sangat baik untuk diet Anda karena mengandung antioksidan, asam amino esensial dan lemak sehat yang memproduksi hormon keseimbangan dan mendukung fungsi kelenjar adrenal.

2. Chlorella

Chlorella ialah ganggang sel tunggal, juga merupakan pendetoksifikasi yang efisien yang mengikat racun dan mengeluarkannya dari tubuh. Klorofil dalam chlorella membantu membersihkan darah dan mempromosikan perbaikan sel dan jaringan.

3. Jeruk

Buah jeruk menyediakan dosis Vitamin C yang kuat dan melimpah, yang mengurangi gejala flu dan meningkatkan kesehatan Anda secara umum.

4. Cengkeh

Cengkeh memiliki kapasitas antioksidan tertinggi di antara semua penguat sistem kekebalan tubuh lainnya, dengan kemampuan menyerap radikal oksigen (ORAC) 314.446. Cengkeh juga mengandung eugenol yang merupakan anestesi ringan dan anti-inflamasi dan berguna untuk sakit tenggorokan dan sakit gigi.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan sumber yang kaya asam laurat, yang diubah tubuh menjadi monolaurin. Asam laurat dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengganggu membran lipid dari mikro-organisme berbahaya.

Minyak kelapa murni merupakan pilihan terbaik ketika memilih minyak kelapa.

6. Sayuran Cruciferous

Sayuran seperti brokoli, kubis, kale dan selada mendetoksifikasi hati Anda dan membantu Anda mengeluarkan racun dari tubuh.

7. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung bakteri yang kuat dan ramah yang menyeimbangkan “ekosistem dalam” Anda. Beberapa contoh makanan fermentasi adalah kefir, tempe, yoghurt, kimchee, miso dan acar.

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan melawan infeksi, dan telah ditunjukkan bekerja melawan virus, bakteri dan jamur.

9. Jahe

Jahe menghangatkan tubuh dan membuka sinus dan paru-paru, memungkinkan untuk sirkulasi yang tepat. Hal ini juga mencegah akumulasi racun untuk mengurangi risiko infeksi.

10. Teh Hijau

Teh hijau kaya katekin, yaitu polifenol. Minuman ini dikenal karena kandungan kaya epigallocatechin (EGCG), antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin E atau C.

11. Jamur

Jamur kaya akan protein, kalsium, Vitamin C dan B, juga serat. Jamur juga mengandung beta-glukan, yang merupakan senyawa kuat yang memodulasi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Jamur Maitake, Reishi dan Shiitake adalah jamur obat dan sering dijual sebagai suplemen.

12. Persik

Buah persik segar tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai ORAC yang sangat tinggi, yaitu 1.814. Berhati-hatilah terhadap produk kalengan, karena sekitar 75% dari antioksidan hilang dalam proses pengalengan.

13. Delima

Jus delima mengandung asam elagat dan punisia yang melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan memelihara sel-sel dan kolagen di kulit.

14. Biji Labu

Biji labu memiliki kandungan magnesium tinggi dan besar untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini juga kaya akan seng, yang merupakan mineral pendorong sistem kekebalan tubuh.

15. Propolis

Terbuat dari resin lebah, propolis mengandung spektrum yang luas dari senyawa antimikroba. Ia juga merupakan sumber yang sangat baik dari apigenin dan asam kafeat, yang merupakan dua senyawa fenolik yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

16. Raspberry dan Blueberry

Kedua berry ini memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi dibandingkan dengan sayuran dan buah-buahan lainnya. Berry ini juga mengandung fitokimia kuat yang meningkatkan fungsi sel, dan memiliki kadar gula lebih rendah daripada buah-buahan lainnya.

17. Susu Mentah Organik

Susu mentah organik dari sapi yang diberi makan rumput, mengandung bakteri baik yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko alergi. Ini juga merupakan sumber enzim, mineral dan vitamin, terutama vitamin A.

18. Spirulina

Spirulina adalah ganggang biru-hijau lain yang kaya akan selenium dan zat besi. Ini merangsang sistem kekebalan tubuh, mengisi ulang RNA di otak dan meningkatkan kinerja mental.

19. Kunyit

Rempah-rempah satu ini tinggi dalam tabel ORAC. Kunyit mengandung antioksidan tinggi dan lima kali lebih kuat dari Vitamin C dan E.

20. Whey Protein

Whey protein adalah alternatif yang baik jika Anda tidak mengonsumsi susu mentah, dan memberikan manfaat yang sama. Ia mengandung imunoglobulin dan beta-glukan, yang membantu jika Anda mencoba menghindari pilek dan flu.

(photo: www.youqueen.com)