Loading...

9 Manfaat Kesehatan Ubi Jalar

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

9 Manfaat Kesehatan Ubi JalarTERUSKAN.COM – Tidak perlu waktu lama untuk mempersiapkan ubi jalar. Cukup dipotong dan diiris dengan ukuran setengah inci, lalu kukus selama 7 menit.

Tidak hanya memberikan rasa yang enak, tetapi membantu untuk memaksimalkan nilai gizinya. Dan Anda dapat menambahkan kayu manis, pala, dan/atau cengkeh untuk rasa dan gizi ekstra.

Jika Anda masih ragu, berikut adalah 9 manfaat kesehatan dari ubi jalar, dilansir dari Care2.com:

Loading...

1. Kaya Vitamin B6

Vitamin B6 membantu mengurangi bahan kimia homosistein dalam tubuh. Homosistein telah dikaitkan dengan penyakit degeneratif, termasuk pencegahan serangan jantung.

2. Sumber Vitamin C

Sebagian besar orang tahu vitamin C sangat penting untuk membantu menangkal virus flu. Beberapa orang menyadari pentingnya vitamin ini, memainkan peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi, pencernaan, dan pembentukan sel darah.

Ini membantu mempercepat penyembuhan luka, memproduksi kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit muda, dan sangat penting untuk membantu mengatasi stres. Bahkan dapat membantu melindungi tubuh terhadap racun yang mungkin terkait dengan kanker.

3. Mengandung Vitamin D

Ubi jalar mengandung vitamin D yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Vitamin D terutama dibuat dalam tubuh kita sebagai hasil dari paparan sinar matahari yang cukup.

Anda mungkin pernah mendengar tentang gangguan afektif musiman (SAD), yang terkait dengan sinar matahari yang tidak memadai dan karena kekurangan vitamin D. Vitamin D memainkan peranan penting dalam tingkat energi, suasana hati, dan membantu membangun tulang yang sehat, jantung, saraf, kulit, dan gigi, dan mendukung kelenjar tiroid.

4. Mengandung Mineral Besi

Banyak orang yang menyadari bahwa kita memerlukan mineral besi untuk mendapatkan energi yang memadai, tetapi besi memainkan peran penting lainnya dalam tubuh, termasuk produksi sel darah merah dan putih, ketahanan terhadap stres, fungsi kekebalan tubuh yang tepat, dan metabolisme protein, di antaranya.

5. Sumber Magnesium

Ubi jalar merupakan sumber yang baik dari magnesium, yang merupakan mineral relaksasi dan anti-stres. Magnesium diperlukan untuk arteri, darah, tulang, jantung, otot, dan fungsi saraf yang sehat, namun para ahli memperkirakan bahwa sekitar 80 persen dari populasi di Amerika Utara mungkin kekurangan mineral penting ini.

6. Sumber Kalium

Kalium merupakan salah satu elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung dan sinyal saraf. Seperti elektrolit lainnya, kalium melakukan banyak fungsi penting, beberapa di antaranya termasuk merelaksasi kontraksi otot, mengurangi pembengkakan, dan melindungi dan mengendalikan aktivitas ginjal.

7. Pemanis Alami

Ubi jalar secara alami memiliki rasa manis, tapi gula alami di dalamnya secara perlahan dilepaskan ke dalam aliran darah, membantu memastikan sumber energi yang seimbang dan teratur, tanpa lonjakan gula darah yang terkait dengan kelelahan dan kenaikan berat badan.

8. Karotenoid

Warna jingga yang kaya menunjukkan bahwa ubi jalar tinggi karotenoid seperti beta karoten dan karotenoid lain, yang merupakan prekursor vitamin A dalam tubuh.

Karotenoid membantu memperkuat penglihatan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, merupakan antioksidan kuat yang membantu mencegah kanker dan melindungi terhadap efek penuaan.

Studi di Harvard University yang melibatkan lebih dari 124.000 orang menunjukkan penurunan 32 persen dalam risiko kanker paru-paru pada orang yang mengonsumsi berbagai makanan yang kaya karotenoid sebagai bagian dari diet biasa mereka.

Studi lain dari wanita yang telah menyelesaikan pengobatan untuk kanker payudara tahap awal yang dilakukan oleh para peneliti di Women’s Healthy Eating and Living (WHEL) menemukan bahwa wanita dengan konsentrasi karotenoid dalam darah tertinggi memiliki kemungkinan paling sedikit terhadap kambuhnya kanker.

9. Serbaguna

Cobalah memanggangnya, dijadikan sup kental, dikukus, atau dibakar. Anda dapat menambahkannya ke dalam makanan dan minuman, atau panggang dan dikombinasikan dengan sayuran hijau untuk membuat salad lezat.

Anda dapat menikmati dengan memanggangnya bersama bawang dan paprika merah untuk membuat sandwich atau bahan wrap. Haluskan dan tambahkan dengan smoothie dan makanan yang dipanggang.

(photo: kblog.lunchboxbunch.com)