Loading...

11 Makanan Terbaik Untuk Pertumbuhan Anak

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan nutrisi dan gizi agar tetap sehat. Makanan yang menjadi salah satu bagian terpenting untuk pertumbuhan mereka pastinya harus memiliki kandungan gizi dan nutrisi agar mencukupi kebutuhan tumbuh kembang anak.

Namun, banyaknya makanan siap saji seperti burger, cola, keripik, permen dan makanan lainnya membuat para orang tua cukup sulit untuk mengajak anak mereka untuk memilih makanan sehat. Di samping itu, makanan siap saji juga hanya mengandung lemak, zat pemanis dan garam dengan sedikit atau bahkan tanpa nutrisi.

11 Makanan Terbaik Untuk Pertumbuhan Anak

Loading...

Berikut beberapa makanan terbaik yang dapat Anda perkenalkan pada anak yang akan membantu pertumbuhannya:

1. Oat

Oat atau oatmeal adalah makanan terbaik bagi anak untuk memulai hari, saat akan berangkat ke sekolah dan beraktivitas, karena mengandung energi dan gizi yang dibutuhkan.

Semangkuk gandum di pagi hari memberikan serat penting, menjaga tingkat kolesterol tetap rendah dan menjauhkan dari penyakit jantung.

Gandum dapat Anda kombinasikan dengan susu dan buah-buahan atau kacang-kacangan, atau ditambahkan ke makanan lain untuk membuat hidangan kreatif dan mengundang ketertarikan anak.

2. Soya Chunks

Makanan yang dibuat dari potongan kacang kedelai ini mengandung protein dan dapat disebut sebagai ‘body-building‘ untuk anak-anak karena membantu pertumbuhan otot.

Selain itu juga mengandung kalsium, karbohidrat dan zat besi untuk meningkatkan energi tubuh, pertumbuhan gigi yang kuat dan memberikan oksigen dan kekebalan terhadap tubuh.

Anda dapat menyajikan dengan mencampurkannya pada salad atau sup.

3. Biji-bijian

Makanan yang ramah bagi anak ini terdiri dari kacang dan beras atau kacang dan roti, memberikan semua protein yang diperlukan untuk pertumbuhan anak.

Biji-bijian mengandung serat dan mencegah penyakit jantung koroner dan sembelit, sehingga akan mencegah masalah pencernaan. Selain itu, kaya akan zat besi yang diperlukan untuk pertumbuhan tubuh anak-anak.

4. Telur

Baik putih dan kuning telur mengandung asam amino, protein, vitamin A, D, E, kalsium dan kolin yang diperlukan untuk otak agar membuatnya tetap sehat. Putih telur tidak mengandung lemak.

Telur dapat dimakan dalam bentuk apapun – mentah, direbus, orak-arik, seperti omelet atau dimasak untuk digabungkan dengan makanan lain. Atau Anda dapat membuat kudapan yang terbuat dari telur.

5. Susu

Susu dikenal sebagai makanan yang sehat dan cocok untuk segala usia, terutama untuk pertumbuhan anak.

Susu mengandung kalsium, fosfor, magnesium, seng, vitamin A, D, dan B12. Susu juga sangat membantu dalam pertumbuhan tulang yang kuat dan gigi putih.

6. Bayam

Sayuran hijau satu ini mengandung zat besi, magnesium, vitamin B6 dan E dan antioksidan yang penting untuk pertumbuhan anak.

Bayam dapat Anda masak dengan menggunakan minyak zaitun dan dikombinasikan dengan sayuran lain untuk membuat salad. Bayam juga dapat dimasak dengan sayuran dan bahan-bahan lain untuk membuat hidangan lebih menarik, atau hanya dikonsumsi dalam bentuk sup.

7. Kismis

Kismis mengandung kalsium dan kalium yang membantu dalam membangun pertumbuhan tulang pada anak.

Kismis melawan anemia dan memiliki sifat anti-kanker, dan juga menjaga gigi dan kesehatan jantung. Juga dapat menjadi pengganti yang ideal untuk gula putih dan pemanis lainnya.

8. Kacang Kenari

Menariknya, kenari menyerupai bagian dalam otak dan dianggap baik untuk perkembangan otak anak karena mengandung asam lemak omega-3. Dan juga mengandung vitamin B yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel darah merah dan magnesium untuk menjaga otot dan hati tetap sehat.

Anda dapat mengonsumsinya sebagai makanan penutup atau mencampurkannya pada muffin dan kue atau hanya direndam semalam atau dimakan mentah di pagi hari untuk manfaat yang lebih banyak.

9. Beras Merah

Beras merah merupakan bagian penting dari diet anak yang sedang tumbuh dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi putih. Kaya akan kandungan serat dan rendah kalori akan memberikan keuntungan untuk tubuh.

Beras merah mengandung antioksidan yang akan meningkatkan kekebalan, mengurangi tingkat kolesterol yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit asma dan jantung. Selain untuk anak-anak, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing dan sehat, beras merah akan mewujudkannya.

10. Yogurt

Yogurt yang mengandung bakteri baik merupakan makanan favorit anak-anak. Seperti susu, yogurt juga mengandung kalsium dan protein yang baik untuk gigi dan tubuh. Probiotik dalam yogurt membantu membuat gerakan usus lebih mudah.

Yogurt dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan buah-buahan seperti stroberi (yang mengandung vitamin C) atau mangga jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis.

11. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin, mineral, kalsium, kalium dan karotenoid untuk penglihatan yang tetap sehat. Brokoli baik untuk pertumbuhan anak karena rendah kalori dan memberikan energi lebih.

Selain itu, brokoli juga akan memperbaiki kerusakan sel saat anak sedang berada dalam masa pertumbuhan. Sajikan brokoli dengan menggunakannya dalam susunan sandwich atau sebagai sup.

Anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan membuatuhkan banyak gizi dan nutrisi. Buat makanan sehat dan semenarik mungkin untuk menarik perhatian anak.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://your-fuel.com/)