Loading...

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Resep, Wanita

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan KulitTERUSKAN.COM – Tomat dengan rasanya yang lezat telah menjadi bagian dari menu diet, tetapi banyak dari Anda yang belum  benar-benar mengetahui berbagai manfaat yang dapat ditawarkan tomat.

Hal terbaik yang ditawarkan dari buah yang memiliki bentuk bulat merah ini yaitu dapat dimakan langsung. Anda bisa memakannya dalam bentuk mentah, dalam salad, menambahkannya sebagai pelengkap barbecue dan banyak lagi.

Tomat sangat kaya akan vitamin dan mineral, tidak hanya memenuhi kubutuhan dosis harian Anda tetapi juga membuat kulit Anda tetap sehat dan cantik.

Loading...

Nah, berikut adalah beberapa tomat untuk kecantikan kulit:

1. Membantu mencerahkan warna kulit

Beberapa orang mungkin senang memiliki kulit yang terlihat coklat kemerahan, tetapi tidak secara berlebihan terlebih jika terdapat d idaerah yang tidak diinginkan. Mengoleskan jus tomat atau bubur tomat  ke daerah-daerah kecokelatan akan membantu menyingkirkannya lebih cepat dan membuat kulit Anda terlihat lebih baik.

Senyawa dalam tomat juga baik untuk masalah seperti perubahan warna kulit. Terutama yang terjadi akibat kekurangan vitamin atau mineral dalam tubuh.

Tomat juga bagus untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat. Tomat akan mengurangi ukuran pori-pori dan juga membantu mengatur sebum pada kulit berminyak.

2. Membersihkan sistem pencernaan, terpancar pada kulit

Sistem pencernaan yang sehat akan terpancar pada kulit Anda. Anda akan menyadari bahwa saat memiliki banyak jerawat dan kulit terlihat kusam bila Anda memiliki masalah dengan perut Anda.

Tomat memiliki banyak serat yang membantu pencernaan dan juga melembabkan kulit Anda, membuat kulitterlihat sehat dan memberikan cahaya alami. Mengonsumsi tomat dalam bentuk jus atau mentah akan membuat kulit Anda sehat.

3Baik untuk detoksifikasi

Jika Anda ingin melakukan detoks untuk membersihkan sistem tubuh serta membersihkan kulit Anda, mengonsumsi tomat atau jus tomat segar sehari-hari adalah solusi yang bagus.

Tomat memiliki kandungan klorin dan sulfur dimana klorin membantu membersihkan hati dan ginjal, sulfur mencegah infeksi yang terjadi. Karena hati dan ginjal memainkan peran yang sangat penting dalam membersihkan darah, tomat juga menjadi unsur penting dalam setiap program detoks.

4. Bekerja sebagai agen pelembab

Tomat memiliki banyak kandungan air di dalamnya dan itulah yang  membuatnya begitu juicy. Mengonsumsi tomat mentah setiap pagi atau menambahkannya ke dalam menu sarapan Anda, dan  jus adalah ide bagus untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

Anda juga dapat menerapkan jus atau bubur tomat untuk melembabkan kulit Anda.

Anda dapat mengonsumsi tomat dalam bentuk sup jika bosan mengonsumsinya langsung. 

Resep Sup Tomat

Bahan:

6 buah  tomat anggur matang
2 paprika merah
1 bawang
minyak zaitun
2-3 tangkai thyme segar
500 ml pasta tomat
1 sdm. bawang putih (cincang)
2 kotak kaldu dari sayuran organik

Cara membuat:

Panaskan oven sampai 400 derajat. Iris tomat menjadi dua (bersihkan dari bijinya). Iris dan cincang kasar paprika merah hingga menjadi potongan besar, dan bawang. Tempatkan semua sayuran pada loyang.

Setelah itu sirami dengan minyak zaitun secukupnya dan tutup dengan tangkai thyme segar. Panggang dalam oven bersuhu 400 derajat kurang lebih  selama 30 menit.

Beberapa menit sebelum sayuran selesai, siapkan panci besar dengan api sedang. Setelah sayuran selesai, Masukkan pasta tomat dan sayuran panggang (buang tangkai thyme) dan tambahkan bawang putih yang telah dicincang. Tambahkan kaldu sayuran dan didihkan kurang lebih 30 menit.

Setelah sup mendidih angkat dan gunakan blender untuk menghaluskannya. Selamat menikmati!

(photo: www.beautythroughstrength.com)