Loading...

Alasan Mengapa Susu Kambing Lebih Baik Dibanding Susu Sapi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN. COM – Kaya akan kalsium dan nutrisi penting, baik susu kambing maupun susu sapi baik untuk pertumbuhan anak Anda, terutama pertumbuhan di awal tahun.

Sebagai seorang ibu, Anda kemungkinan besar akan memberikan ASI pada bulan pertama, tapi setelah itu Anda akan harus memilih jenis susu apa yang baik untuk pertumbuhan anak, bukan?

Alasan Mengapa Susu Kambing Lebih Baik Dibanding Susu Sapi

Loading...

Nah, apa perbedaan dari kedua jenis susu ini?  Mengapa susu kambing harus menjadi pilihan? Tentunya pertanyaan ini akan muncul di kepala Anda.

Mengapa susu kambing?

Selain rasanya yang lezat dan lembut, susu kambing tentunya memiliki kandungan kalsium, protein dan vitamin yang tinggi di dalamnya. Itulah sebabnya mengapa susu kambing perlu dipertimbangkan.

Selain itu, susu kambing memiliki profil protein yang berbeda dibandingkan dengan susu sapi. Salah satunya ialah lebih lembut dan mudah dicerna, sehingga sangat pas untuk sistem pencernaan perut anak Anda.

Apa yang membuatnya berbeda dari susu sapi?

Susu kambing mengandung lebih sedikit laktosa dari susu sapi. Karenanya susu kambing menjadi alternatif yang cocok untuk anak-anak yang memiliki intoleransi terhadap laktosa.

Selain itu, jika anak Anda alergi terhadap susu sapi,  mengonsumsi susu kambing jelas akan lebih baik karena tidak mengandung protein kasein alpha S1 seperti yang ditemukan dalam susu sapi.

Vitamin A yang ditemukan dalam susu kambing juga lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan susu sapi. Dan susu kambing juga memiliki kandungan vitamin B2 yang lebih tinggi daripada susu sapi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda karena merangsang antibodi.

Apa perbedaan susu kambing dan sapi setelah pengolahan?

Susu kambing bubuk diperoleh dengan pengeringan susu kambing segar dan sebagai hasilnya kandungan nutrisi alami tetap sama, bahkan setelah prosedur dilakukan. Susu formula bubuk kambing juga mengandung nutrisi tambahan yang besar untuk anak yang sedang tumbuh.

Sementara susu sapi tetap menjadi salah satu minuman sehari-hari yang paling umum di Amerika, tetapi beberapa diantaranya mengalami perut  kembung dan bentuk lain dari gangguan pencernaan.

Manfaat Susu Kambing

Susu kambing juga menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan dengan sangat sedikit efek samping jika diminum.

1. Reaksi terhadap peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat utama dari susu kambing adalah mengatasi masalah peradangan. Inilah yang menjadi alasan mengapa orang-orang dengan masalah peradangan usus meminum susu kambing, bukannya susu sapi.

2. Ramah lingkungan

Kambing membutuhkan jauh lebih sedikit ruang dan makanan dibanding sapi. Biasanya, Anda bisa dengan nyaman membesarkan enam kambing di areal yang sama seperti dua ekor sapi.

3. Agen Metabolik

Studi yang dilakukan di USDA dan Prairie View A & M University, menunjukkan peningkatan kemampuan susu kambing dalam memetabolisme zat besi dan tembaga, terutama di kalangan individu dengan keterbatasan pencernaan dan penyerapan.

Selain minum susu kambing, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen enzim pencernaan untuk membantu pencernaan.

4. Memiliki kemiripan dengan ASI

Manfaat kesehatan utama susu kambing ialah memiliki kesamaan dengan ASI, dibandingkan dengan susu sapi. Karena memiliki bahan kimia yang lebih dekat dengan ASI, maka bagi ibu yang tidak memiliki kesulitan dalam memproduksi ASI dapat menggunakan susu kambing karena lebih mudah dicerna dan mengasimilasi dalam tubuh manusia.

5. Rendah lemak

Susu kambing merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Susu kambing memiliki tingkat  lemak yang rendah, namun tetap  tinggi akan kandungan protein dan asam amino esensial dibanding yang ditemukan dalam susu sapi.

6. Tinggi asam lemak

Sementara susu sapi memiliki sekitar17% asam lemak, susu kambing rata-rata memiliki 35% asam lemak  sehingga lebih bergizi dan sehat. Bahkan, sampai 50% orang dengan intoleransi laktosa susu sapi menemukan bahwa mereka dapat dengan mudah mencerna susu kambing.

Susu kambing adalah alternatif yang lebih sehat. Kambing memproduksi sekitar 2% dari pasokan susu global dan yang menarik, sebagian besar populasi yang mengonsumsi susu kambing lebih sedikit mengalami alergi dan keluhan pencernaan.

Anda dapat mengunjungi ahli gizi untuk mengetahui manfaat lebih besar dari susu kambing. Untuk Anda yang memiliki masalah alergi parah, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

(photo: www.gannett-cdn.com)