Loading...

7 Ramuan Alami Untuk Membersihkan Jerawat

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Jerawat memiliki kemungkinan membentuk jaringan parut pada wajah. Bila Anda tidak percaya diri dan merasa sulit untuk melakukan yang terbaik karenanya, Anda mungkin menemukan diri Anda terus-menerus mengatakan, “Kalau saja aku bisa menyingkirkan semua jerawat ini, maka aku bisa.”

Ya, memiliki kulit lebih bersih dapat memberikan diri Anda dorongan yang dibutuhkan dan tidak harus selalu mahal. Tentu, dermatologist dapat memberikan keajaiban bagi Anda dengan perawatan dan obat resep yang dapat membantu membersihkan jerawat, tapi itu bukan satu-satunya pilihan.

7 Ramuan Alami Untuk Membersihkan Jerawat

Madu dan Susu

Loading...

Ada beberapa ramuan alami yang dapat Anda gunakan juga, dan berikut diantaranya:

1. Madu dan Kayu Manis

Campuran khusus ini memiliki banyak manfaat (seperti menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan bila Anda mencampurnya dengan air atau teh dan meminumnya). Dan membersihkan jerawat adalah salah satunya.

Madu bekerja dengan membunuh bakteri dari noda jerawat, dan kayu manis merupakan anti-inflamasi, yang mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat.

Gabungkan keduanya untuk membuat masker wajah super, dengan menggunakan sekitar dua sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis. Campurkan secara menyeluruh dan gosokkan pada wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas.

2. Madu dan Susu

Jika Anda tidak memiliki kayu manis, Anda dapat selalu menggunakan susu dengan madu sebagai gantinya. Susu (atau yogurt, jika Anda ingin) membantu mengurangi jerawat memerah dan mengurangi peradangan.

Pastikan Anda mendapatkan versi penuh lemak karena mengandung nutrisi yang berbeda dari susu skim.

Susu telah digunakan sebagai obat kulit alami selama berabad-abad, itulah mengapa Cleopatra menggunakannya untuk mandi. Masukkan masing-masing satu sendok makan madu dan susu dalam mangkuk dan aplikasikan pada wajah Anda.

Ketika mengering, Anda selalu dapat menambahkan lapisan lainnya. Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

3. Jus Lemon

Jus lemon tidak hanya baik untuk menambahkan sedikit tambahan rasa untuk teh, sayuran dan ikan, tetapi juga baik untuk jerawat Anda dengan mengeringkan noda-noda dan membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Oleskan sedikit saja pada bola kapas dan terapkan langsung ke area bermasalah untuk meringankan jerawat.

4. Cuka Apel

Meskipun tidak selalu berbau sebaik jus lemon, cuka apel juga baik untuk membantu Anda mendapatkan kulit yang berkilau. Ia mengatur keseimbangan pH saat melunak dan mengelupas pada saat yang sama.

Selain itu, seperti jus lemon, cuka apel mengeringkan minyak berlebih yang sering menonjol pada mereka yang rentan berjerawat. Cukup mencairkan cuka dengan air (gunakan satu bagian cuka untuk setiap tiga bagian air) dan gunakan sebagai toner.

Jika itu membuat wajah Anda terlalu kering, Anda mungkin ingin menggunakan pelembab untuk melawan efek ini.

5. Putih Telur

Ketika Anda membuat telur dadar putih dengan keju, bawang, paprika hijau dan jamur, sisihkan beberapa dari putih telur untuk dijadikan masker pembersih jerawat.

Putih telur bekerja dengan mengurangi munculnya bekas jerawat dan membantu membangun kembali sel-sel kulit yang sehat, sekaligus mengurangi produksi minyak.

Hanya mengocok putih telur hingga berbuih, kemudian diamkan selama satu atau dua menit. Aplikasikan pada wajah (tambahkan lapisan tambahan setelah kering, jika Anda ingin), tunggu 20 menit dan kemudian bilas.

6. Kulit Pisang

Pisang penuh dengan vitamin dan mineral yang baik untuk Anda, seperti kalium (itulah sebabnya ia direkomendasikan untuk orang-orang yang secara teratur menderita kram kaki), mangan, dan vitamin C dan B6.

Namun, ternyata bukan itu saja, pisang juga baik untuk kulit Anda.

Kulit pisang mengandung antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan jerawat. Jadi, ketika Anda sudah selesai makan pisang, jangan buang kulitnya, oleskan bagian dalam kulit pada wajah Anda, tunggu selama 30 menit dan kemudian bilas.

7. Tea Tree Oil

Anda mungkin tidak memiliki bahan ini dalam lemari Anda, tetapi Anda dapat menemukannya di hampir semua toko makanan kesehatan. Tea tree oil bekerja dengan membuka penyumbat pori-pori Anda dan bertindak sebagai antibakteri pada waktu yang sama.

Encerkan tea tree oil, satu bagian dalam sembilan bagian air, lalu aplikasikan pada area bermasalah dan biarkan. Dan Anda tidak harus membilasnya.

Jika kulit Anda sangat sensitif, Anda dapat meringankan campuran bahkan lebih dengan cara pengenceran dengan gel lidah buaya, bukan air.

(photo: www.youqueen.com)