Loading...

Cara Praktis Budidaya Buah Naga

Penulis: Nila Rubrik: Bisnis

Cara Praktis Budidaya Buah NagaTERUSKAN.COM – Buah naga (pitaya) merupakan buah dari jenis kaktus, bermarga Hylocereus dan Selenicereus.

Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Buah ini juga mudah ditemui di Okinawa, Israel, Australia Utara dan Tiongkok Selatan.

Loading...

Ada beberapa cara dalam menanam buah naga yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Menanam buah naga dapat Anda lakukan di halaman rumah. Pot merupakan media yang tepat.

1. Menyediakan pot 

Langkah pertama tentunya menyiapkan pot terlebih dahulu. Ada beberapa jenis pot yang tersedia di pasaran, mulai dari pot berbahan semen, plastik, tanah liat atau drum bekas yang sudah dipotong.

Untuk menanam buah naga, pilihlah pot yang terbuat dari bahan tanah liat, karena buah naga memerlukan perubahan suhu yang drastis dari siang hingga malam hari, terutama dalam proses pembungaan.

Semakin besar ukuran pot yang digunakan, maka akan semakin baik hasil pembungaannya, pada umumnya orang menggunakan pot dengan minimal diameter 40 cm.

2. Menyiapkan tiang penyangga

Buah naga memerlukan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang produksi supaya tidak roboh. Tiang ini nantinya menjadi penyangga yang akan dililit oleh beberapa pohon buah naga saat penanaman pertama.

Carilah tiang penyangga yang kuat dari besi atau kayu yang kokoh.

3. Menyiapkan media tanam

Menyiapkan media tanam untuk menanam buah naga, yaitu pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1.

Setelah semuanya siap, Anda dapat menyiramnya dengan air hingga kondisi tanah menjadi jenuh. Biarkan kurang lebih sehari semalaman sebelum tanaman buah naga mulai dikembangbiakkan.

4. Memilih dan menanam bibit

Pemilihan dan penanaman bibit dapat Anda peroleh dari batang yang besar, sudah tua. Pastikan bahwa bibit tersebut bebas dari penyakit. Bibit buah naga biasanya mempunyai panjang ideal 30 cm dan ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm.

Setelah Anda menanamnya, tekan-tekan sedikit tanah di sekitar bibit supaya tidak mudah roboh. Selanjutnya siram lagi dengan air dan letakkan pot di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung terutama di pagi hari.

Kini Anda sudah memiliki buah naga di halaman rumah Anda sendiri. Lakukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin agar tanaman dapat berkembang dengan baik.

Yang harus anda perhatikan adalah pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak dibutuhkan. Pastikan bibit buah naga menempel kuat pada tiang-tiang penyangga dengan cara mengikatnya memakai tali rafia atau kawat. Jangan mengikat terlalu kencang karena hal ini akan berpengaruh buruk terhadap pertumbuhannya kelak.

Untuk penanaman buah naga di media terbuka seperti di sawah atau kebun, tidak jauh berbeda dengan cara tersebut di atas.

Selamat mencoba!