Loading...

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kulit

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk KulitTERUSKAN.COM – Bunga matahari berasal dari daerah tropis di Meksiko, memiliki bentuk yang serupa dengan matahari, ditambah dengan warna kuning terang yang membuatnya lebih terlihat seperti matahari.

Bunga ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan atau ditanam sebagai pembatas rumah atau bahkan pagar rumah. Bunga yang memiliki diameter bisa mencapai 30 cm ini dan tinggi 3 m sampai 5 m memiliki banyak biji pada bagian tengah.

Biji tersebut dapat diolah dan diambil minyaknya sehingga memberikan manfaat yang melimpah, salah satunya untuk kesehatan kulit. 

Loading...

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada minyak bunga matahari terdapat sumber vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Karena itulah, banyak produk kecantikan yang menggunakan minyak biji bunga matahari untuk melengkapi komposisi dari produk mereka.

1. Melembabkan

Vitamin E bertindak sebagai emolien yang bertugas menjaga kelembaban  kulit. Menggunakan minyak bunga matahari akan membantu kulit tetap terhidrasi dalam jangka waktu lama.

Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak biji bunga matahari pada produk pelembab Anda jika tidak memiliki kandungan minyak biji bunga matahari.

2. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melawan kerusakan akibat radikal bebas. University of Maryland Medical Center membuktikan bahwa Vitamin E dalam produk perawatan kulit dapat membantu melindungi kolagen dan elastin di kulit dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Menggunakan minyak biji bunga matahari pada kulit hanya beberapa kali dalam seminggu dapat membantu menunda penuaannya.

3. Anti-Inflamasi dan Anti-Bakteri

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin E membantu mengatasi warna kulit yang kemerahan dan kasar.

Manfaat minyak bunga matahari sebagai anti-inflamasi diperoleh dari tingginya kandungan  asam lemak omega-6 (linoleat) dan vitamin E. University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa asam linoleat membantu mengurangi peradangan di kulit (misalnya, jerawat, dermatitis, terbakar matahari).

Selain itu, omega-6 meningkatkan perkembangan sel kulit baru. Dengan demikian, minyak bunga matahari sangat baik untuk perawatan kulit  terlebih untuk peremajaan kulit.

4. Melindungi Kulit

Vitamin E akan membantu menjaga lapisan kulit luar,  seperti yang dikatakan Harvard Medical School. Penggunaan topikal minyak biji bunga matahari pada kulit dapat membantu melindungi dari kerusakan lingkungan  dan menjaga kulit tetap lembab.

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak bunga matahari, Anda perlu mengetahui beberapa aturan menggunakannya secara topikal.

1. Anda harus menggunakan minyak bunga matahari hanya pada kulit lembab dan hangat, misalnya setelah mandi. Jadi minyak diserap dengan baik dan nutrisi akan terserap jauh ke dalam kulit.

2. Minyak bunga matahari sangat beradaptasi untuk kulit di bawah mata dan kulit sensitif. Minyak bunga matahari akan melembabkan daerah mata bawah dan mengurangi keriput.

3. Tambahkan beberapa tetes minyak bunga matahari untuk meremajakan kulit Anda.

4. Minyak bunga matahari bagus untuk digunakan dalam pijat dan pelicin tubuh.

5. Minyak bunga matahari sangat cocok digunakan sebagai dasar pelarut untuk aromaterapi karena memiliki aroma yang tidak terlalu tajam dan teksturnya halus bagi kulit.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.pegasiscorp.com)