Loading...

3 Manfaat dan Penggunaan Minyak Bunga Matahari

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

3 Manfaat dan Penggunaan Minyak Bunga Matahari TERUSKAN.COM – Kandungan minyak bunga matahari yang berasal dari biji bunga matahari memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Salah satunya ialah menjaga kecantikan kulit.

Namun bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat minyak bunga matahari lainnya yang dapat Anda simak pada artikel berikut. Simk, yuk!

Untuk Memasak

Karena sifat-sifatnya, minyak bunga matahari cocok untuk digunakan untuk keperluan memasak. Fitur utamanya, yang menentukan penggunaan minyak bunga matahari di dapur, adalah sebagai berikut:

Loading...

1. Tingkat panas

Minyak bunga matahari akan mulai memanas pada suhu  227 °C (440 °F) dan dengan demikian merupakan pilihan yang baik untuk menggoreng, menumis dan memanggang tanpa radikal bebas.   

2.Rasa lebih ringan dan tidak berbau

Minyak bunga matahari tidak akan mempengaruhi rasa makanan dan tetap memberikan rasa alami pada makanan. Oleh karena itu, minyak ini sangat baik untuk digunakan untuk saus salad dan kue.    

3. Kandungan nutrisi yang sehat

Minyak bunga matahari memiliki kandungan vitamin E tertinggi di antara minyak nabati lainnya. Vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat kuat melindungi sel tubuh dari radikal bebas serta mencegah infeksi.

Minyak bunga matahari sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh yang baik untuk penurunan  kolesterol LDL dan trigliserida. Oleh karena itu, minyak bunga matahari dapat digunakan untuk pendinginan dalam diet apapun.

Produk Kecantikan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, minyak bunga matahari kaya akan asam lemak omega-6 dan vitamin E. Senyawa ini bekerja dengan sempurna ketika diterapkan pada tubuh. Vitamin E dan emolien perperan sebagai  antioksidan.

Selain itu juga akan membuat sel-sel kulit tetap lembab, membantu mengatasi kulit kemerahan, kulit kasar dan melindungi kolagen dan elastin sehingga mengurangi keriput, menurut University of Maryland Medical Center.

Omega-6 (asam linoleat) juga membantu mengurangi peradangan di kulit (misalnya, jerawat, dermatitis, luka bakar matahari). Minyak bunga matahari juga  akan memproduksi perkembangan sel kulit baru.

Beberapa manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan yaitu sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri, melembabkan dan menghaluskan, meremajakan sel-sel kulit dan sebagai anti-aging.

Inilah yang menjadi alasan mengapa minyak bunga matahari menjadi salah satu bahan pelengkap yang paling banyak digunakan pada produk kosmetik komersial dan buatan sendiri.

Untuk Kesehatan

Dalam beberapa jenis pengobatan alami, minyak bunga matahari banyak membantu mengatasi masalah tingkat kolesterol LDL yang lebih rendah. Sebuah penelitian membuktikan hal itu, menurut Journal of American Dietetic Association (2005).

Tingkat kolesterol yang sehat meminimalkan risiko masalah kardiovaskular.  Minyak bunga matahari dapat digunakan untuk mengobati arthritis dan masalah kulit, seperti psoriasis, jerawat, luka sulit sembuh, dan terbakar matahari. Minyak dapat diterapkan secara langsung pada kulit dan kemudian akan meresap dengan cepat.

Minyak bunga matahari juga dapat membantu untuk mengatasi masalah sembelit, menurut Wikipedia. Caranya dengan meminum satu sendok makan minyak murni biji bunga matahari sebelum sarapan pagi yang akan sangat baik untuk membantu sistem pencernaan dan usus Anda. 

Selain itu, masih banyak manfaat dan kegunaan minyak bunga matahari. Salah satunya sebagai minyak pijat, sebagai pelumas dan minyak dasar aromaterapi.

Semoga bermanfaat.

(photo: www.oil-press.net)