Loading...

5 Bahan Makanan Ini Bisa Gantikan Penyedap Masakan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

5 Bahan Makanan Ini Bisa Gantikan Penyedap MasakanTERUSKAN.COM – Apakah anda gemar memasak? Tahukah Anda, beberapa bahan makanan dapat digunakan sebagai pengganti penyedap masakan, yang mana jika dicampur pada hidangan yang Anda olah, akan menghasilkan masakan bercita rasa lezat.

Tidak hanya itu, bahan makanan tersebut juga alami dan bebas dari bahan-bahan kimia sehingga lebih sehat bagi tubuh.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahan-bahan kimia yang digunakan dalam pengolahan dasar penyedap rasa, sebagian besar berasal dari bahan kimia yang dapat menimbulkan rasa mual jika digunakan secara berlebihan.

Loading...

Bahan makanan berikut di bawah ini dapat Anda gunakan sebagai penyedap masakan alternatif, sebagai pengganti penyedap masakan dari bahan-bahan kimia.

1. Bawang Putih

Bahan yang satu ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu penyedap masakan alami.

Caranya mudah, kupas bawang putih dari kulitnya lalu dimemarkan, selanjutnya tumis dengan margarin secukupnya hingga layu dan campurkan ke sayur–sayuran segar atau daging yang akan Anda masak.

Bawang putih juga bisa dihaluskan terlebih dahulu untuk dipakai sebagai campuran dalam menumis sayur atau membuat sup yang lezat dan gurih.

2. Air Kaldu

Membuat air kaldu bisa memakai segala macam jenis daging karena dapat menghasilkan cita rasa gurih. Namun, perlu diingat bahwa membuat air kaldu harus dengan cara yang benar.

Air kaldu ada yang menggunakan tambahan sayuran atau sebatas tulang saja, sesuaikan dengan selera yang Anda inginkan.

Sayuran akan membuat air kaldu tidak bisa bertahan lama, hal ini disebabkan dalam sayuran terdapat beberapa zat gas. Gas inilah yang menyebabkan air kaldu mudah basi.

3. Bumbu Rempah

Jika tak suka dengan penyedap rasa buatan karena tidak begitu sehat, Anda dapat menggunakan bumbu-bumbu rempah sebagai solusinya, seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, serta biji pala.

Pemakaian bumbu rempah harus sesuai dengan porsinya, jangan terlalu banyak karena selain masakan menjadi kurang sedap, juga bisa menimbulkan aroma yang tajam yang mengganggu hidung dan mata.

4. Gula pasir

Sudah bukan rahasia lagi bahwa gula pasir dapat Anda gunakan sebagai pengganti penyedap rasa dari bahan MSG.

Campurkan sedikit gula pasir ke dalam bahan masakan yang sedang Anda olah, maka rasa gurih masakan dapat Anda nikmati seketika. Jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan hidangan menjadi terlalu manis.

5. Sosis Sapi

Meskipun kurang sehat, sosis sapi dapat digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan Anda.

Caranya: Iris tipis-tipis sosis sapi lalu campurkan ke dalam masakan yang akan Anda buat. Sosis itu sendiri sudah mengandung garam, kaldu sapi, gula dan penyedap rasa MSG, sehingga dapat menambah kelezatan masakan Anda.

Nah, itulah 5 bahan makanan yang dapat Anda gunakan sebagai penyedap masakan alternatif. Masak kini jadi lebih mudah dan sehat, bukan?

Selamat mencoba.

(photo: http://detoxforlife.biz/)