Loading...

Tips Merawat Rambut Dengan Minyak Canola

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Resep, Wanita

Tips Merawat Rambut dengan Minyak CanolaTERUSKAN.COM – Minyak canola, yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan tinggi kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, biasanya digunakan untuk melengkapi masakan atau untuk membuat kue.

Namun ternyata, manfaat dari minyak canola bukan hanya itu saja. Minyak canola juga bisa digunakan untuk perawatan, seperti perawatan rambut.

Minyak canola adalah pilihan yang sempurna untuk perawatan rambut terutama bagi mereka yang memiliki rambut kering. Asam lemak tak jenuh dalam minyak canola memiliki sifat melembabkan yang kuat. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa minyak canola lebih baik daripada minyak khusus untuk perawatan rambut.

Loading...

Minyak canola memiliki tekstur yang sangat ringan dan mudah menyerap ke kulit kepala. Minyak canola dapat menembus batang rambut dan melembabkannya dari dalam. Sterol dalam minyak canola memulihkan sel yang rusak, sehingga minyak ini berguna untuk rambut bercabang.

Selain itu, minyak canola kaya akan vitamin E yang melindungi rambut dari kerusakan lebih lanjut. Nah, jika Anda ingin mencoba untuk menggunakannya pada rambut, berikut cara penerapannya, seperti dilansir dari Oilypedia:

1. Menjaga Kelembaban Rambut

Campur minyak zaitun dan minyak canola (3 sdm seharusnya cukup) dengan jumlah yang sama, lalu hangatkan. Setelah itu, gunakan kapas untuk menerapkan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut.

Pijat selama 10 menit lalu biarkan minyak pada rambut kurang lebih selama 2 jam. Kemudian bilas hingga bersih.

2. Ketombe dan Rambut Rontok

Jika Anda mengalami masalah ketombe dan tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya, Anda dapat menggabungkan minyak canola dengan tea tree oil. Ambil 10 sendok minyak canola dan 3 sendok minyak pohon teh lalu terapkan secara teratur selama beberapa minggu.

Jika Anda mengalami rambut rontok, campurkan minyak canola dengan minyak zaitun dan minyak almond dan tambahkan lavender atau minyak esensial rosemary dengan menggunakan takaran yang sama. Ini akan menghentikan masalah rambut rontok yang Anda alami.

3. Masker Rambut

Mungkin menggunakan minyak canola sebagai masker rambut terdengar sedikit aneh, namun sebenarnya ini sangat efektif. Campur minyak canola dan mayones dalam jumlah yang sama. Tambahkan minyak esensial jika Anda ingin memberikan sedikit aroma.

Oleskan pada rambut dan tutup kepala dengan topi mandi. Biarkan selama 2 ja, lalu bilas rambut.

Anda dapat menerapkan minyak canola atau mencampurnya dengan minyak lainnya, seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak jojoba. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti tea tree oil, minyak rosemary, minyak lavender dan lainnya yang akan membuat minyak canola lebih efektif dan memberikan manfaat lebih untuk rambut.

Hal utama dari perawatan rambut ini adalah dengan menggunakan minyak canola secara teratur untuk mencapai hasil yang efektif dan membuat rambut Anda lebih kuat, lebih lembut dan halus.

(photo: www.oil-press-machine.com)