Loading...

Panduan Ramadhan Bagi Muslim Lajang

Penulis: Mayrani Rubrik: Fun

Panduan Ramadhan Bagi Muslim LajangTERUSKAN.COM – Bagi sebagian besar umat Islam, Ramadhan adalah waktu bersama keluarga. Anda bangun bersama, berbuka (Iftar) bersama, berdoa bersama, dan banyak lagi.

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki keluarga di dekat Anda?

Bangun sendirian dan makan makanan yang Anda buat sendiri untuk sahur adalah beberapa realitas menjadi seorang Muslim lajang di Bulan Ramadhan. Tapi ada cara untuk membuat Ramadhan menjadi lebih spesial.

Loading...

Berikut adalah beberapa ide:

1. Panggilan Sahur

Kumpulkan beberapa teman bersama-sama dan bentuk pohon telepon untuk saling membangunkan satu sama lain saat waktu sahur tiba. Tetapkan waktu untuk menelepon dan jadwal siapa yang akan menghubungi siapa.

Buat agar sedikit menarik dengan menambahkan beberapa ungkapan lucu setiap minggunya, yang benar-benar akan membangunkan semua orang.

2. Undang Teman Berbuka Bersama

Bahkan jika Anda tidak bisa memakan makanan terakhir yang Anda masak, undanglah beberapa orang untuk Iftar bersama. Buatlah seadanya, order pizza atau jika Anda mampu gunakan jasa katering.

Pastikan untuk mengundang terutama mereka yang jauh dari keluarga.

3. Beribadah di Masjid Lokal

Bahkan jika bacaan Imam bukanlah yang terbaik, cobalah untuk menghadiri shalat Tarawih yang diselenggarakan oleh masjid setempat atau Asosiasi Mahasiswa Muslim (MSA) Anda.

Sementara sholat sendirian mungkin lebih damai dan tenang, sholat berjamaah dengan Muslim lain dengan siapa Anda tidak memiliki kesamaan kecuali iman tentunya akan menjadi pengalaman yang unik dan menggembirakan.

4. Terlibat dalam Program Masyarakat

Mungkin tampak sulit meluangkan waktu untuk hal lain di bulan Ramadhan, tapi coba, setidaknya sekali, untuk melakukan beberapa pekerjaan sukarela.

Memasak makanan bagi mereka yang menghadiri Iftar MSA; sukarelawan untuk dapur umum; membantu membuat atau mendistribusikan brosur untuk program Ramadhan. Kemungkinannya banyak.

Intinya adalah memberi untuk orang lain.

5. Dengarkan Murottal Quran

Menyalakan TV atau radio ketika sendirian di rumah tentunya sangat menggoda, untuk menghindari kesunyian. Ramadhan ini, temukan CD atau kaset berisi ayat suci Quran yang Anda sukai, putar dan dengarkan.

Pilih bagian yang ingin Anda hafalkan.

6. Makan dengan Benar

Tidak makan sahur dan berbuka puasa dengan benar akan membuat Anda menjadi pemarah, kesal dan sakit. Tetapkan rencana makan di Bulan Ramadhan.

Pilih resep makanan yang sehat dan mudah dibuat.

7. Tetap Berhubungan dengan Keluarga dan Teman

Kirim e-card, pikiran, refleksi, pertanyaan seputar Ramadhan, dan lain-lain melalui telepon atau email ke keluarga dan teman-teman. Pertahankan hubungan setidaknya sekali seminggu dan ceritakan tiga hal terkait Ramadhan yang telah Anda lakukan dalam sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan.

8. Membantu Sesama

Mengenal orang baru di sekolah/kantor? Apakah seorang teman yang tinggal di dekatnya mengalami masalah dengan pasangan? Atau seseorang yang Anda kenal mengalami masalah keuangan?

Ramadhan ini, cobalah untuk lebih perhatian, murah hati, dan yang paling penting, hati yang terbuka kepada orang lain. Jangan biarkan peluang kecil untuk mendapatkan berkah menyelinap begitu saja.

9. Dekorasi

Tambahkan beberapa dekorasi di sekeliling Anda dengan spanduk Ramadhan, balon dan pita. Bahkan setelah hari yang berat, pulang ke rumah yang dihiasi akan memberikan dorongan bagi Anda.

10. Buat Sasaran

Pilih setidaknya tiga sasaran untuk dikejar Ramadhan ini. Entah itu membatasi kebiasaan buruk atau memulai hal yang baik, melakukan hal ini akan membantu Anda fokus dan bekerja lebih keras untuk berubah menjadi lebih baik.

Dibutuhkan 21 hari untuk membentuk kebiasaan yang baik. Dengan Ramadhan, kita memiliki waktu 30 hari. Mengapa tidak berusaha ymemberikan yang terbaik?