Loading...

Manfaat Minyak Kelapa Extra Virgin

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa Extra VirginTERUSKAN.COM – Minyak kelapa extra virgin adalah salah satu minyak sehat, paling serbaguna di dunia. Minyak kuliner yang sangat baik dengan rasa kelapa dan aroma alami.

Minyak kelapa yang tidak mengalami proses pemurnian disebut juga dengan minyak kelapa murni atau extra virgin. Minyak kelapa murni hanya dapat Anda peroleh dari kelapa segar tanpa pengolahan. Minyak ini dianggap sebagai minyak kelapa terbaik bagi kesehatan.

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang disebut asam lemak rantai menengah. Yang paling menguntungkan dari minyak kelapa ini adalah laurat, kaprilat dan asam kaprat. Selain itu juga kaya akan trigliserida, antioksidan, protein dan vitamin E.

Loading...

Memiliki banyak kandungan manfaat membuat minyak kelapa murni ini memberikan keuntungan untuk kesehatan terutama bagi kulit.

1. Infeksi dan Pengobatan Jerawat

Salah satu manfaat minyak kelapa murni adalah memiliki kemampuan untuk menyembuhkan infeksi dan jerawat. Sifat antibakteri dalam minyak kelapa, khususnya asam kaprat dan laurat, dapat membantu memerangi infeksi bakteri dan mikroba serta menghentikan jerawat.

Selain itu, minyak kelapa juga secara efektif dapat memerangi kurap jika dikombinasikan dengan tea tree oil. Selain itu, juga dapat membunuh bakteri dan membantu menghindari penyebab jerawat.

2. Penuaan

Antibakteri, anti jamur dan sifat antimikroba dari asam dengan antioksidan membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Jaringan ikat kulit dirugikan oleh aktivitas radikal bebas. Sehingga membuat kulit kehilangan elastisitas dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Minyak kelapa extra virgin ini akan menembus kulit dengan memberikan perlindungan antioksidan yang akan menangkal radikal bebas dan memperkuat jaringan ikat kulit. Antioksidan pada minyak kelapa juga menghambat oksidasi dan memperlambat munculnya bintik-bintik coklat pada kulit sebagai akibat dari protein oksidasi ketika Anda bertambah tua.

Minyak ini memiliki struktur molekul yang relatif kecil, sehingga diserap dengan baik ke dalam jaringan kulit. Struktur minyak kelapa ini memungkinkan untuk menembus lebih dalam dan membawa vitamin E dan protein ke lapisan dalam dari jaringan kulit.

Minyak kelapa extra virgin dapat berperan sebagai pelembab, penyembuhan dan akan menutrisi wajah dan tubuh. Serta secara efektif akan menenangkan dan meremajakan kulit.

Meskipun sedikit lebih mahal, itu akan membantu Anda lebih. Jika Anda ingin mencapai jumlah terbesar dari manfaat minyak kelapa murni, mencari minyak murni organik kelapa, yang tidak memiliki ekstrak herbal, aditif kimia, rasa atau pewarna buatan.

Ya, minyak kelapa extra virgin stabil, sehat, lemak jenuh alami yang bebas dari asam lemak trans. Ia mengandung asam lemak rantai menengah, termasuk asam laurat, asam kaprilat dan asam kaprat yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh.

Konsumsi minyak kelapa pada tingkat yang direkomendasikan, bersama dengan diet dan gaya hidup sehat, membantu menjaga kadar kolesterol sehat.

(photo: meghantelpner.com)