Loading...

5 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Baik Untuk Kulit

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Resep, Wanita

5 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Baik Untuk KulitTERUSKAN.COM – Menggunakan minyak alpukat untuk perawatan kulit tentunya akan memberikan banyak manfaat.

Mengapa? Minyak alpukat merupakan sumber alami yang akan melembabkan dan menutrisi kulit yang kering dan pecah-pecah.

Minyak alpukat mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kulit Anda sehingga tetap muda dan sehat. 

Loading...

Ada puluhan produk komersial yang menggunakan minyak alpukat sebagai bahan dasar dan pelengkap. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan minyak alami tanpa harus dicampur dalam produk perawatan. 

Jika Anda membutuhkan alasan mengapa minyak alpukat baik untuk perawatan kulit, yuk simak artikel berikut!

1. Sempurna untuk menghidrasi kulit

Minyak alpukat memiliki kemampuan yang baik untuk menahan air, sehingga dapat digunakan sebagai pelembab yang sempurna. Inilah yang akan membantu kulit yang mengalami kekeringan dan pecah.

Selain itu juga cocok untuk semua jenis kulit. Minyak alpukat akan menyerap ke dalam kulit sehingga menjadikannya lembut dan halus.

2. Mendorong kulit menghasilkan lebih banyak kolagen

Mengapa minyak alpukat bisa menghasilkan kolagen? Ini dikarenakan  tingginya kandungan sterolis dalam minyak alpukat.

Senyawa ini membantu menyerap lemak dengan baik sehingga meningkatkan sistem kekebalan kulit dan pada akhirnya memproduksi lebih banyak kolagen yang meningkatkan kondisi umum kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

3. Mengandung banyak asam lemak esensial

Seperti yang kita ketahui, proses metabolisme tubuh tergantung pada asam, yang mana ada asam yang “baik” dan “buruk.”  Anda harus menghindari lemak jenuh buruk yang terkandung dalam mentega.

Sebaliknya, asam lemak esensial yang tersedia pada minyak alpukat akan meningkatkan fungsi sel sehingga akan mengurangi proses inflamasi dan meningkatkan kesehatan secara umum.

4. Sumber asam lemak omega-3

Kita semua tahu betapa pentingnya asam lemak omega-3 bagi tubuh. Tentu Anda bisa memenuhi asupan asam lemak omega-3 dari ikan. Namun tidak hanya ikan, alpukat juga  mengandung banyak asam lemak omega-3.

Asam lemak omega 3 bertanggung jawab untuk melindungi kulit dari radiasi matahari sinar UV. Menggunakan minyak alpukat untuk kulit Anda akan mengurangi kemungkinan terbakar karena sinar matahari dan mengurangi risiko kanker kulit.

Cara Menggunakan Minyak Alpukat pada Kulit

Ada banyak cara untuk menggunakan minyak alpukat. Anda dapat menambahkannya ke dalam menu diet Anda, atau mengoleskan minyak alpukat pada wajah secara langsung atau bahkan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak alpukat.

Namun, kami sarankan Anda untuk mencoba mengubahnya dalam bentuk masker wajah. Berikut resepnya:

1. Hancurkan 1 alpukat hingga menjadi bentuk pasta.
2. Tambahkan 1 sendok makan minyak alpukat dan aduk rata.
3. Oleskan campuran tersebut ke wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Gunakan spatula untuk mengoleskan masker dan biarkan selama sekitar 15 menit.
4. Setelah 15 menit,ambil handuk bersih yang sudah direndam sebelumnya dalam air panas. Setelah itu, hapus sisa masker pada wajah.
5. Untuk hasil akhir, bilas wajah Anda untuk menghilangkan masker secara keseluruhan.

Minyak alpukat mengandung banyak vitamin E sangat penting untuk kulit. Selain itu juga mengandung antioksidan yang akan melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini pada kulit .

Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, minyak alpukat mengandung vitamin E dalam jumlah tertinggi.

Ini berarti bahwa menggunakan minyak alpukat untuk perawatan kulit secara teratur akan memberikan perlindungan kulit dan menghindarkan Anda dari efek negatif karena lingkungan, dan membuat Anda tetap awet muda.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://smartgirltips.com/)