Loading...

5 Tips Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

5 Tips Mengatasi Perut Kembung pada BayiTERUSKAN.COM – Salah satu hal yang paling sulit dihadapi para orang tua, khususnya bagi mereka yang baru memiliki anak, ialah rasa khawatir berlebih saat mengetahui anak mereka sedang sakit atau merasa tidak nyaman karena hal yang tidak diketahui penyebab pastinya.

Saat anak Anda menangis, kemungkinan banyak hal yang mungkin sedang mereka rasakan. Misalnya saja popok yang sudah sangat basah, gatal, panas, minta digendong atau bahkan perut yang terasa kembung.

Untuk masalah perut kembung, beberapa orang tua mungkin akan sulit mengatasinya.  Perut kembung pada bayi terjadi pada  bulan pertama, sistem pencernaannya  masih harus beradaptasi dengan pengolahan nutrisi dan kotoran. Selain itu, masih banyak penyebab lain yang membuat anak merasa tidak nyaman karena perut kembung.

Loading...

Nah, untuk mengatasi hal ini Anda tidak perlu bingung. Untuk langkah awal, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut ini”

1. Kompres dengan peppermint hangat dan adas

Untuk kompres, bungkus beberapa peppermint segar dan adas dengan menggunakan sepotong kain katun lembut dan rendam dalam air hangat selama sekitar dua menit. Setelah direndam, tempatkan kompres yang sudah basah pada bagian bawah perut  bayi Anda.

Pastikan juga untuk membungkus bayi selama Anda mengompresnya untuk memastikan bayi  tidak akan bergerak. Diamkan kompres selama 20 menit, lalu basahi kembali dengan  sedikit air hangat dan mulai kompres sekitar 5 menit berikutnya.

Aroma menenangkan dan sifat herbal adas dan peppermint dapat  membantu dalam pencernaan. Menggunakan kompres adalah cara alami yang sangat baik untuk membantu menyerap sedikit manfaat dari herbal.

2. Berikan tambahan air

Satu hal yang perlu Anda ketahui, air atau ASI tidak akan membuat anak Anda kembung. Air tidak memerlukan proses pencernaan seperti makanan.  Air juga dapat merangsang isi perut untuk bergerak, yang tentu akan sangat membantu.

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak harus berhenti menyusui, melainkan setelah menyusui Anda dapat memberikan satu botol kecil air mineral.

3. Membedung bayi dengan kaki terlipat

Membungkus bayi Anda dengan posisi kaki yang dibentuk silang lurus akan membantu mengurangi sedikit rasa kembung pada perut.

4. Memangku bayi 

Meletakkan bayi di paha Anda, dengan kepala di salah satu paha dan perut mereka di sisi lain, dapat membantu mengatasi perut kembung. Tidak hanya kontak dengan Anda yang akan menenangkannya, tetapi meletakkan bayi Anda di pangkuan akan membuatnya merasa lebih nyaman.

Biarkan kakinya menggantung dan tepuk punggungnya dengan lembut untuk meredakan perut kembung. Kombinasi dari kehangatan Anda, tekanan lembut, dan posisi kaki sering menjadi kombinasi ajaib untuk bayi.

5. Pijatan kaki

Untuk bayi yang memiliki masalah perut kembung, Anda dapat mencoba pijat refleksi. Reflexology adalah seni merangsang area pada kaki atau telinga untuk mempengaruhi area lain dari tubuh. Hal ini mirip dengan akupresur.

Daerah kaki bayi Anda yang berhubungan dengan perut adalah di tengah bagian bawah kaki antara lengkungan dan tumit. Gosok dengan lembut daerah ini dengan gerakan melingkar lembut selama beberapa menit.

Metode refleksi ini dapat menghilangkan gas saat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Anda dapat melakukannya tepat sebelum makan pagi, sebelum tidur siang, dan sebelum makan malam.

Beberapa bayi lebih rentan terhadap gas dan nyeri.  Tips di atas mungkin dapat membantu mengatasi hal tersebut. Jika anak Anda masih tetap mengalami perut kembung, lakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

(photo: http://ph.theasianparent.com/)