Loading...

Menu Masakan Khas di Hari Idul Fitri

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Tidak terasa hari kemenangan sudah di depan mata. Semakin dekat, semakin banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan. Mulai dari persiapan diri, pakaian baru, membuat beraneka macam kue kering bahkan menu masakan apa yang akan dihidangkan nanti.

Menyajikan banyak makanan bahkan telah menjadi tradisi saat merayakan hari kemenangan, bukan? Karena itu, di hari Idul Fitri akan banyak hidangan khas dan andalan yang wajib disajikan untuk melengkapi kebahagiaanAnda bersama keluarga.

Menu Masakan Khas di Hari Idul Fitri

Loading...

Berikut kami berikan beberapa menu masakan khas dan paling sering Anda jumpai di hari yang fitri.

1. Ketupat dan Buras

Yup, ketupat dan buras akan selalu ada dan sudah menjadi tradisi, bukan hanya saat Idul Fitri, tetapi juga saat Idul Adha. DI hari raya, ketupat dan buras menjadi pengganti nasi.

2. Opor Ayam

Opor ayam atau kari ayam menjadi menu masakan khas dan spesial di hari Idul Fitri. Terbuat dari santan dan bumbu rempah-rempah, menjadikan opor ayam sebagai menu makanan yang paling banyak diincar.

Anda dapat menyantap opor ayam dengan buras atauketupat. Bahkan nasi juga akan tetap membuat opor terasa enak dan nikmat. Jika Anda tidak ingin menggunakan ayam, Anda dapat menggantinya dengan daging kambing.

Tetapi perlu diingat, opor memiliki tingkat lemak yang sangat tinggi yang berasal dari santan. Karena itu untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan akan lebih baik tidak terlalu banyak mengonsumsinya, terlebih jika menggunakan kambing dan bukan ayam.

3. Sambal Goreng Daging

Rasa pedas dan manis dari sambal goreng akan membuat Anda tidak berhenti berada di dekat meja makan. Rasa pedas yang berasal dari rempah-rempah dan manis yang berasal dari gula merah, ditambah dengan irisan daging dengan kentang, jelas akan memanjakan mulut Anda.

Jika kurang menyukai daging, Anda dapat menggantinya dengan daging ayam.

4. Lontong Sayur

Berkuah santan dan terdiri dari beberapa campuran sayur membuat lontong sayur menjadi pilihan menu masakan saat Idul Fitri.

Selain sayuran, lontong sayur juga sudah dilengkapi dengan lontong, karena itu Anda tidak perlu menambahkan buras atau ketupat karena Anda dapat menikmatinya langsung dalam satu mangkuk.

5. Capcay

Capcay bisa dikatakan sebagai sayuran saat lebaran. Terdiri dari campuran beberapa jenis sayuran seperti wortel, kentang, bunci dan sedikit udang atau bakso serta tambahan rempah-rempah akan membantu proses pencernaan Anda, karena saat lebaran Anda akan menyantap daging selama beberapa hari ke depan.

6. Es Buah

Terdiri dari campuran beberapa jenis buah seperti semangka, nangka, pepaya dan nata de coco. Sangat pas dijadikan sebagai pencuci mulut setelah menyantap hidangan utama saat lebaran.

Menu makanan khas lebaran yang lebih banyak menggunakan santan serta daging-dagingan sebaiknya diimbangi dengan sayuran dan memperbanyak air putih.

Sajikan satu jenis sayuran yang akan membantu pencernaan Anda karena saat mengonsumsi terlalu banyak daging akan membuat Anda sulit untuk buang air. Selain itu, untuk Anda yang memiliki jenis penyakit tertentu kurangi porsi daging.

Semoga bermanfaat.

(photo: wikimedia.org)