Loading...

Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Bisnis

TERUSKAN.COM – Kue kering menjadi salah satu jenis usaha yang bisa dikatakan memberikan banyak jaminan, terlebih saat menjelang hari lebaran. Jika menggeluti bisnis ini, Anda tidak perlu repot-repot mencari konsumen, karena tingginya permintaan.

Selain itu, kue kering juga sudah menjadi sebuah tradisi saat lebaran. Hal ini dikarenakan kue kering sering dijadikan sebagai sajian saat menjamu tamu dengan minuman bersoda, sirup atau teh.

Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

Kue Nastar, Kue Kering Khas Lebaran

Loading...

Dan akui saja, tidak semua orang memiliki waktu ataupun keterampilan untuk membuat kue kering, sehingga mereka tentunya lebih memilih membeli kue kering yang banyak ditemukan di pasaran, daripada harus membuatnya sendiri. 

Jenis kue kering saat lebaran juga beraneka ragamnya. Tetapi, ada beberapa jenis kue kering yang selalu akan Anda jumpai saat melakukan kunjungan di rumah sanak saudara.

1. Kue Putri Salju

Kue kering khas lebaran ini terbuat dari kocokan telur, mentega, terigu dan pada hasil akhir dilengkapi dengan taburan gula halus pada dasar kue sehingga membuatnya terlihat putih.

Selain itu, meskipun dinamakan putri salju, tetapi kue kering ini tidak berbentuk seperti putri salju melainkan berbentuk seperti bulan sabit. Nama putri salju sendiri diambil karena warna putih dari gula halus yang menutupi permukaan kue ini.

Kue putri salju sangat cocok disajikan dengan minuman bersoda saat Anda menjamu tamu, karena rasa manis dari kue ini sudah sangat terasa.

2. Kue Kering Cokelat

Menggunakan cokelat sebagai bahan dasar membuat kue kering cokelat banyak dibuat saat lebaran. Selain cokelat yang digunakan sebagai bahan dasar, biasanya cokelat juga digunakan untuk menyatukan kue.

Misalnya saja kue kering yang dibuat dengan bentuk bunga. Anda dapat menggunakan cokelat yang telah dicairkan untuk merekatkan bunga.

Anda juga dapat menambah sedikit hiasan di atas kue cokelat dengan taburan kacang atau kenari untuk mempercantik tampilan kue.

3. Kue Nastar

Memiliki bermacam-macam bentuk, membuat kue ini menjadi salah satu kue favorit saat lebaran. Kue kering nastar biasanya diisi dengan nanas yang memberikan rasa unik dengan perpaduan lapisan kue yang tawar saat dimakan.

Kue kering ini akan membuat Anda lebih cepat kenyang karena perpaduan bahan yang sedikit berat.

Kue nastar dapat Anda sajikan dengan minuman bersoda atau sirup.

4. Keripik Bawang

Cemilan yang biasanya dapat Anda temukan di swalayan ini ternyata menjadi cemilan ringan yang banyak dipilih untuk mengisi toples. Rasa bawang yang kuat membuat keripik bawang sangat tepat dijadikan saat menjamu tamu.

Jika Anda kurang menyukai rasa bawang, Anda dapat membuat keripik dengan rasa keju.

Keripik bawang dapat Anda sajikan dengan berbagai macam minuman.

5. Kacang Goreng

Sama seperti keripik bawang, kacang goreng juga mungkin sudah sering Anda temukan selain di hari lebaran. Namun, kacang goreng tetap menjadi pilihan untuk melengkapi kue kering.

Kacang goreng dapat Anda nikmati sembari berkumpul bersama keluarga. Anda juga dapat mengganti kacang goreng dengan kacang telur atau kacang disko.

Masih banyak jenis kue kering khas yang biasanya menjadi pilihan saat lebaran seperti kue lidah kucing, kue sagu. Bahkan bukan hanya kue kering melainkan kue basah, puding, cake dan kue-kue tradisional juga tidak jarang disajikan saat lebaran. Anda dapat memilih sesuai dengan selera, tradisi, atau mungkin permintaan konsumen.

Ingat! Sebagai pelaku usaha, Anda harus memperhatikan kualitas produk kue kering yang diproduksi. Jika ingin menggunakan bahan tambahan, pilih bahan yang memang khusus untuk makanan.

Dan untuk pemilihan bahan baku, gunakan bahan-bahan yang berkualitas. Jangan lupa perhatikan masa kadaluarsa bahan baku yang akan digunakan. 

Semoga bermanfaat.

(photo: manfaatalam1.blogspot.com)