Loading...

Royal Jelly, Rahasia Umur Panjang

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Royal jelly merupakan cairan kental berwarna putih yang disekresikan oleh lebah muda sebagai bahan makanan larva lebah dan makanan khusus ratu lebah sepanjang hidupnya.

Royal jelly dihasilkan oleh lebah muda yang memakan bee pollen dan madu, kemudian dikeluarkan melalui kelenjar-kelenjar hypopharyngeal berupa cairan putih kental, yang berada di kedua sisi, yaitu kepala dan leher lebah. Ratu lebah meminum langsung royal jelly dari kelenjar lebah madu tersebut.

Royal Jelly, Rahasia Umur Panjang

Loading...

Royal jelly banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan terutama yang bergerak di bidang kesehatan. Sebelum Anda memutuskan membeli royal jelly, ada satu hal yang harus Anda perhatikan yaitu presentase kandungan 10-HDA (10-hydroxy-decenoic-acid).

Mengapa demikian? Karena faktor inilah yang diyakini sebagai esensi dari royal jelly, yang mana bertanggung jawab pada ukuran lebah serta kesuburan ratu lebah, serta merupakan anti bakteri dan anti jamur.

Manfaat royal jelly begitu luas dan luar biasa. Menurut beberapa penelitian kesehatan, ada 6 manfaat besar royal jelly yang diyakini dapat memberikan Anda umur panjang, yaitu:

1. Anti-Penuaan

Ya, royal jelly memiliki efek anti-aging, membuat Anda tampak awet muda serta meningkatkan produksi kolagen sehingga mempertahankan keremajaan dan kelenturan kulit.

2. Mengandung Vitamin B Kompleks

Kandungan vitamin B-kompleks, seperti : B1, B2, B6, B12, biotin, asam folat dan inositol. Selain itu juga kaya akan kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat, yang dikenal akan khasiatnya untuk mengurangi tingkat stres.

3. Membantu Mencegah Osteoporosis

Para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi royal jelly dapat mengurangi risiko terjadinya keropos pada tulang. Hal ini disebabkan karena royal jelly membantu meningkatkan kemampuan tulang dalam menyerap kalsium.

Royal jelly juga dapat menstimulasi pembentukan tulang serta membantu mengurangi risiko terjadinya osteoporosis akibat menurunnya kepadatan tulang.

4. Membantu Memperbaiki Sistem Reproduksi

Kemampuan ratu lebah yang bertelur hingga 2,000 per hari dibandingkan lebah betina lain yang tidak menghasilkan telur, dikarenakan ratu lebah mengonsumsi royal jelly seumur hidupnya, membuat para ilmuwan melakukan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa royal jelly dapat membantu memperbaiki sistem reproduksi pada wanita sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

5. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Royal jelly memiliki manfaat anti bakteri dan anti jamur. Protein royalisin, yang hanya terdapat dalam royal jelly, memiliki manfaat sebagai anti bakteri dan anti jamur.

6. Meningkatkan Daya Ingat, Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan asetilkolin dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan daya ingat, sangat bermanfaat bagi mereka yang lanjut usia ataupun yang menderita penyakit alzheimer.

Royal jelly dapat membantu melindungi sistem saraf, sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit syaraf yang umum terjadi pada orang-orang usia lanjut, seperti penyakit parkinson.

Royal jelly atau susu lebah, merupakan sumber makanan yang paling istimewa bagi lebah. Royal jelly kaya akan kandungan nutrisi penting alami yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi manusia, terutama dari segi kesehatan dan kecantikan.

(photo: wikimedia.org)