Loading...

Rahasia Diet Ala Wanita Perancis

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Rahasia Diet Ala Wanita PerancisTERUSKAN.COM – Perancis adalah negara yang terkenal dengan makanan dan kulinernya, di mana boulangerie dan kafe berjejer di sudut-sudut jalan dan orang-orang meluangkan waktu untuk duduk dan menikmati anggur, keju, roti dan kue-kue.

Meskipun secara teratur makan makanan yang kaya dan anggur, Perancis memiliki tingkat obesitas yang sangat rendah. Wanitanya senang makan, namun banyak dari mereka yang masih ramping. Sementara itu, beberapa dari kita berjuang untuk memotong makanan “buruk” seperti karbohidrat dan soda, namun masih tetap gemuk.

Mereka menyebutnya Paradox Perancis. Bagaimana tepatnya mereka melakukannya?

Loading...

1. Café Society: Makan adalah Sosial

Salah satu alasan utama mengapa tingkat obesitas di Perancis rendah adalah bahwa mereka menganggap makan sebagai pengalaman di waktu santai.

Alih-alih melahap makanan dalam waktu singkat (seperti yang biasanya kita lakukan) saat berada di mobil atau di depan komputer, mereka biasanya mengambil waktu untuk duduk dan makan. Makan adalah pengalaman yang menyenangkan, yang memerlukan penggunaan semua indera.

2. Tidak Ada Pembatasan

Kita cenderung melakukan diet karbohidrat – tidak ada pasta, roti, pizza, ataupun kue. Kemudian setelah satu atau dua hari, kita merasa frustrasi dan melahap dua burger atau beberapa potong kue cokelat.

Wanita Perancis tidak memiliki pembatasan karbohidrat. Bahkan, semua orang tampaknya menikmati baguette yang baru dipanggang dalam perjalanan pulang. Hal ini membawa kita ke pelajaran ketiga.

3. Porsi itu Penting

Meskipun mereka mengonsumsi karbohidrat, semuanya bermuara pada kontrol porsi. Roti kecil dan pasta di sana-sini tidak akan menghancurkan diet siapapun.

Kontrol porsi dan ukuran adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Sandwich daging di Prancis dapat terdiri dari baguette dengan irisan tipis daging dan beberapa tomat. Sedangkan di Amerika, sandwich besar didampingi dengan kentang goreng porsi besar.

Hal yang sama berlaku dengan kue dan makanan lainnya – kebanyakan orang dewasa lebih suka menikmati sepotong profiterole daripada melahap kue bebas gula yang rasanya tidak enak.

4. Anggur Saat Makan

Alkohol adalah makanan pokok, tapi wanita Perancis biasanya tidak meminum dua gelas campuran super manis. Mereka minum (terisi sebagian) segelas anggur, perlahan-lahan dengan makanan mereka sebagai gantinya.

Anggur biasanya digunakan sebagai aksen untuk makanan, bukan sebagai minuman yang memuaskan dahaga.

5. Masak Lebih Banyak

Rantai makanan cepat saji ada di Perancis, tapi mengapa memakan burger ketika Anda dapat memiliki salad, roti segar, keju, dan beberapa ayam rebus basque?

Orang Perancis cenderung menempatkan lebih banyak waktu dalam membuat makanan, dengan menggunakan bahan-bahan segar daripada makan makanan yang tidak biasa.

6. Lebih Sedikit Soda, Lebih Banyak Air

Sementara anggur adalah minuman pokok, soda, smoothie dan jus dari toko bukan. Orang Perancis menikmati air mineral, sehingga sangat jarang menemukan mereka makan siang dengan segelas soda pada hari tertentu.

7. Tanpa Rasa Bersalah

Wanita Perancis makan banyak makanan lezat dan kaya dari waktu ke waktu. Mungkin kadang berlebihan, tetapi karena tidak ada pembatasan, mereka tidak berkubang dalam rasa bersalah, namun hanya kembali ke makanan yang seimbang di hari berikutnya.

Jika Anda ingin menikmati makanan yang Anda sukai, namun masih tampak cantik dalam balutan busana, cobalah mengadopsi kebiasaan makan dari wanita Perancis berikut:

– Selalu makan makanan segar. Anda tidak harus makan makanan mentah sepanjang waktu, tapi baiknya mengonsumsi makanan yang disiapkan dengan bahan-bahan segar.
– Makanlah hanya di meja makan, ketika Anda duduk dan menggunakan alat makan yang tepat. Hindari makan dari kotak, di depan TV atau dalam perjalanan ke tempat kerja.
– Ambil gigitan kecil dan kunyah makanan Anda secara perlahan. Nikmati rasa dan sensasinya.
– Muati dengan protein dan berikan variasi ke dalam makanan Anda.
– Gunakan vinaigrette bukan salad dressing komersial.
– Manjakan diri dengan makanan yang baik, tapi kurangi porsinya.
– Minum minuman bebas kalori, sehingga air dan sesekali anggur tak mengapa.

Untuk tetap ramping, Anda tidak perlu menghindari makanan tertentu. Makan bukan hanya tentang memuaskan rasa lapar, tetapi juga bersantai dan menikmati apa yang Anda makan, dan makan dengan benar.

(photo: www.youqueen.com)