Loading...

Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan, Wanita

Tips Merawat Rambut Bagi Wanita BerhijabTERUSKAN.COM – Memiliki rambut sehat, indah dan berkilau tentu menjadi dambaan setiap wanita, karena rambut adalah “mahkota” bagi seorang wanita.

Pun bagi mereka yang mengenakan hijab, tentunya ingin memiliki rambut yang tak kalah sehat.

Namun, mereka yang berhijab memiliki tantangan tersendiri. Masalah kesehatan rambut yang biasanya dialami oleh wanita berhijab diantaranya ialah rambut yang berketombe, lepek, kusut, tidak mudah diatur, rontok, dan masalah rambut lainnya.

Loading...

Untuk mencegah dan menghindarinya, seorang wanita berhijab wajib melakukan perawatan rambut dengan baik dan benar. Lalu, bagaimana merawat rambut bagi wanita yang berhijab? Berikut tipsnya:

1. Keramas secara teratur menggunakan shampo yang tepat

Keramas secara teratur paling tidak sekali dalam sehari dengan menggunakan shampoo yang tepat, sesuai dengan jenis rambut, dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Pilih shampo yang mengandung bahan seperti ginseng, lidah buaya, madu, dan jeruk nipis. Ginseng dapat mencegah kerontokan rambut, dan rambut bercabang. idah buaya dapat menyuburkan dan menguatkan rambut. Sementara jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi ketombe.

2. Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

Setelah keramas, keringkan rambut hingga benar-benar kering sebelum menggunakan hijab. Usahakan selalu mengenakan hijab saat rambut dalam keadaan kering, karena jika menggunakan hijab saat kondisi rambut dalam keadaan basah dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lembab, hal ini bisa memicu bau tidak sedap, munculnya ketombe, dan gatal-gatal pada kulit kepala.

Selain itu, menggunakan hijab saat rambut dalam keadaan basah juga bisa menyebabkan kepala pusing.

3. Gunakan hair tonic sehabis keramas

Menggunakan hair tonic sehabis keramas dapat membuat rambut dan kulit kepala kita terasa segar. Selain itu rambut akan kering secara alami. Saat kita menggunakan hair tonic, baiknya melakukan pijatan agar lebih mudah menyerap.

Nah, pijatan ini juga berkhasiat memperlancar peredaran darah. Lakukan pijatan dengan lembut.

4. Gunakan sisir yang tepat

Gunakan sisir plastik dengan gigi yang jarang untuk menghindari kerontokan rambut. Hindari menggunakan sisir yang bergigi rapat.

Selain itu, hindari menyisir dari belahan rambut karena kerontokan rambut bisa berawal dari garis belahan rambut.

5. Untuk rambut panjang, jangan mengikat rambut terlalu kencang saat mengenakan hijab

Mengikat rambut dengan kencang saat akan mengenakan hijab dapat membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kerontokan.

Mengikat rambut terlalu kencang akan mengakibatkan kepala menjadi pusing. Maka, ikatlah rambut dengan lembut, tidak terlalu ketat, sebelum menggunakan hijab.

6. Setelah menggunakan hijab, usahakan untuk mengurai rambut

Buka ikatan rambut setelah menggunakan hijab. Menguraikan rambut akan memberikan kesempatan pada rambut kita untuk bernapas.

Bukan itu saja, menguraikan rambut akan mengurangi kelembaban rambut sehingga menghindarkan kita dari kulit kepala yang berketombe.

Semoga bermanfaat.