Loading...

Mengenal 5 Jenis Sayuran untuk Diet Sehat

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Wanita

Mengenal 5 Jenis Sayuran untuk Diet SehatTERUSKAN.COM – Sayuran merupakan bagian terpenting dari diet seimbang yang sehat, untuk membantu saat sedang melakukan program penurunan berat badan.

Walaupun demikian, masih banyak yang sering bingung dalam memilih sayuran.

Berikut 5 jenis sayuran yang tepat untuk mendukung kelancaran program diet sehat Anda di rumah:

Loading...

1. Sayur Bayam

Bayam merupakan sayuran yang hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Sayur bayam kaya akan kandungan zat-zat antioksidan, kalium, zat besi, magnesium, vitamin B dan C. Sayuran ini bermanfaat dalam menjaga tingkat gula darah agar tetap seimbang ketika sedang melakukan diet.

Jika disajikan mentah, bayam merupakan sumber vitamin C yang baik, suatu antioksidan kuat. Dimasak terlalu lama akan menghilangkan sebagian besar vitamin penting ini.

Meskipun bayam kaya akan kalsium, sebagian besar tidak tersedia, karena asam oksalat dalam bayam berikatan dengan kalsium, mencegah penyerapan. Kandungan kalium dalam bayam berlimpah, dan itu akan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Asparagus

Merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin B dan ampuh membantu meningkatkan energi tubuh. Sangat membantu menyeimbangkan jumlah atau kadar insulin di dalam tubuh dan menyebabkan rasa kenyang lebih lama.

Sayuran ini juga baik dimanfaatkan sebagai penjaga agar sistem pencernaan berjalan lancar, dan manjur untuk mengempiskan perut buncit.

3. Kembang Kol

Kembang kol merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C. Dengan rutin mengonsumsi setengah cangkir kembang kol, Anda sudah memenuhi 36 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari bagikesehatan tubuh.

Menurut beberapa penelitian kesehatan, sayuran ini terbukti ampuh memerangi kanker. Kembang kol adalah salah satu jenis makanan yang rendah kalori namun banyak mengandung serat yang bersifat mengenyangkan, di samping terkenal sebagai makanan serbaguna, karena bisa berfungsi sebagai media pengganti makanan yang lebih berat.

Jika anda mempunyai waktu luang, cobalah memanggang kembang kol hingga benar-benar crispy sebagai salah satu makanan pendamping dari jenis burger atau sandwich, campur bersama margarine dan bumbu penyedap lainnya seperti hidangan kentang tumbuk, atau tambahkan ke dalam sup sebagai pengganti krim.

4. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa memberikan perasaan kenyang lebih lama. Ya, kentang kaya akan kandungan sari pati yang membantu perut merasa kenyang dan nyaman dalam satu hari penuh untuk beraktifitas di luar rumah.

Daging kentang yang kaya akan kandungan zat karbohidrat membantu memberikan tambahan energi bagi tubuh Anda. Energi tersebut tentu dapatgunakan sebagai bahan bakar untuk berolahraga yang baik dalam menunjang kelancaran program diet sehat Anda.

5. Labu

Orang Amerika percaya bahwa labu adalah termasuk salah satu buah sayur yang bercita rasa lezat dan paling aman dikonsumsi, sekaligus digunakan sebagai media untuk program diet sehat.

Labu merupakan sumber karbohidrat kompleks yang ampuh membantu memberikan energi tambahan untuk tubuh. Labu juga kaya serat. Satu cangkir labu mengandung tiga gram serat.

(photo: fitmixer.com)