Loading...

Tips Agar Tetap Bugar Saat Mudik Lebaran

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

Tips Agar Tetap Bugar Saat Mudik LebaranTERUSKAN.COM – Lebaran sebentar lagi, dan momen mudik lebaran pastilah sangat dinanti. Tak hanya bagi yang sedang merayakan lebaran, mereka yang tak merayakannya pun ikut memanfaatkan momen tahunan ini.

Berbicara soal mudik lebaran, yang ada di pikiran semua orang pastilah kegembiraan dan keceriaan bertemu keluarga, sahabat, dan handai taulan di kampung halaman setelah lama tak bersua. Berkumpul bersama, bersenda gurau, dan saling membagi kabar adalah hal mengasyikan yang sangat dinanti.

Namun, keceriaan itu bisa berubah menjadi sesuatu yang tidak mengenakkan manakala saat mudik tubuh kita tidak dalam kondisi yang cukup baik.

Loading...

Kelelahan setelah melakukan perjalanan mudik lebaran yang cukup panjang dan menguras energi, belum lagi agenda silaturahmi yang cukup padat tentunya dapat menyebabkan menurunnya kondisi tubuh kita.

Nah, untuk itu diperlukan upaya khusus agar tubuh tetap bugar saat mudik lebaran. Simak tips berikut!

1. Istirahat cukup dan siapkan bekal

Perjalanan mudik lebaran pastilah membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi macetnya jalan, dan kepadatan penumpang di tempat-tempat angkutan umum, seperti terminal, pelabuhan, stasiun, ataupun bandara.

Untuk itu, Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk menghadapinya. Istirahat yang cukup sebelum mengawali perjalanan mudik sangat penting, karena akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

Siapkan bekal yang cukup untuk di perjalanan, agar dapat menunjang kebugaran tubuh. Bawalah perbekalan seperti air mineral, makanan ringan, dan obat-obatan.

Jika Anda memiliki bayi, tentunya Anda sudah harus memprediksi dan menyiapkan susu untuk si kecil agar tidak rewel selama perjalanan.

2. Jaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan saat mudik juga penting. Usahakan mengkonsumsi makanan yang tentunya memenuhi nilai gizi yang seimbang. Sebaiknya hindari makan makanan yang berminyak seperti gorengan.

Hindari pula makanan yang berlemak bagi yang memiliki riwayat penyakit degeneratif. Perbanyaklah konsumsi air putih. Jika diperlukan, ambillah vitamin atau suplemen tertentu untuk membantu menambah daya tahan tubuh.

3. Lakukan peregangan

Seiring bertambahnya usia, otot-otot Anda menjadi kaku dan jangkauan gerak pada sendi menjadi lebih minimal. Hal ini dapat meredam gaya hidup aktif dan bahkan menghambat gerakan normal sehari-hari.

Perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan akan mengakibatkan otot-otot menjadi kaku. Untuk itulah Anda membutuhkan peregangan. Selain itu, peregangan juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan energi.

Peregangan otot akan membuat tubuh kembali segar. Lakukan peregangan otot saat istirahat di perjalanan, setidaknya 5 sampai 10 menit. Peregangan harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda, apakah Anda berolahraga atau tidak. Ada peregangan sederhana yang dapat Anda lakukan.

Menjaga tubuh tetap bugar selama mudik lebaran tidak begitu sulit, bukan?

Selamat mudik!

(photo: www.futuready.com)