Loading...

8 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit Anda

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

8 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit AndaTERUSKAN.COM – Membuat produk alami untuk perawatan kulit Anda sendiri tentu saja merupakan salah satu kesenangan tersendiri bagi siapa saja.

Selain karena caranya yang cukup mudah, hal ini juga dapat meningkatkan rutinitas kecantikan yang biasa Anda lakukan.

Perawatan spa, masker wajah dan body scrub bisa menghabiskan begitu banyak biaya, terutama jika Anda berniat untuk melakukannya setiap minggu. Padahal di dapur Anda mungkin tersedia bahan-bahan yang dapat digunakan untuk berbagai perawatan kecantikan.

Loading...

Anda dapat membuat produk perawatan kulit yang berkualitas, sehat dan efektif, hanya dengan menggunakan pengobatan rumah seperti berikut:

1. Baking Soda

Baking soda merupakan produk ajaib yang dapat digunakan untuk keperluan apa saja, dari membersihkan peralatan rumah tangga ataupun untuk membuat produk perawatan kulit.

Baking soda mampu menyerap minyak dan menetralkan asam sehingga sangat ideal digunakan bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.

Setelah membersihkan wajah, ambillah segenggam baking soda lalu pijatkan pada kulit Anda secara lembut. Anda bahkan dapat menggunakan pengobatan ini pada seluruh tubuh Anda, tetapi pastikan untuk mengoleskan pelembab yang baik setelahnya.

2. Alpukat

Alpukat merupakan pelembab yang baik bagi kulit dan rambut Anda. Hancurkan daging buah alpukat yang telah matang lalu letakkan dalam sebuah mangkuk, setelah itu tambahkan satu sendok madu mentah.

Aduk rata, lalu oleskan pada seluruh wajah Anda dan hindari daerah sekitar mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Cara ini dapat memberikan Anda tampilan kulit yang lebih cerah.

Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan campuran yang sama untuk perawatan rambut.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan pokok untuk kecantikan. Sabun minyak zaitun adalah alternatif non-beracun alami untuk sabun tradisional yang mengandung natrium lauril sulfat.

Untuk perawatan kulit wajah, Anda dapat mencampurkan minyak zaitun dengan setetes minyak esensial, lalu aduk hingga menjadi pasta tebal. Pijatkan pada kulit basah untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah salah satu produk paling serbaguna yang harus Anda masukkan dalam gudang kecantikan Anda. Bertindak sebagai astringent, bahan ini egektif untuk mengencangkan pori-pori wajah. Oleskan beberapa tetes cuka pada sepotong kapas bersih, dan usapkan pada kulit Anda.

Anda juga dapat menerapkan cuka pada bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud yang bersih untuk mengurangi pembengkakan dan melawan infeksi.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat dikatakan sebagai ratu dari semua tanaman penyembuhan. Tanaman ini dapat Anda terapkan langsung ke luka bakar, gigitan serangga dan kulit pecah-pecah untuk menyembuhkan dan meremajakan daerah tersebut.

Anda juga dapat menerapkan gel lidah buaya untuk merawat kecantikan wajah Anda. Biarkan selama 15 menit untuk masker pelembab wajah yang efektif.

6. Madu

Madu adalah bahan luar biasa yang dapat Anda jadikan sebagai masker untuk kecantikan, sangat efektif untuk mengatasi kulit kering karena kandungan hidrasi yang dimilikinya.

Untuk penggunaannya, Anda dapat melakukan berbagai cara. Madu mentah bisa Anda oleskan pada wajah, atau bisa Anda campurkan dengan bahan lain seperti pisang dan oatmeal untuk membuat scrub wajah yang sempurna.

7. Mentimun

Sepotong mentimun yang ditempatkan di atas sepasang mata Anda merupakan salah satu teknik pengobatan yang sangat efektif untuk mengatasi mata lelah. Mentimun secara alami dapat menenangkan mata memerah dan kulit yang teriritasi.

Ambillah setengah mentimun lalu kupas kulitnya, cincang kasar dagingnya. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun, satu sendok teh gel lidah buaya dan beberapa tangkai mint. Blender sampai lembut, dan kemudian oleskan pada kulit sebagai masker wajah yang menenangkan.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga menjadi salah satu bahan terbaik yang dapat menjadi pilihan untuk perawatan kecantikan Anda.

Salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menuai keuntungan dari bahan ini adalah dengan mengoleskannya ke kulit basah Anda segera setelah mandi. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menjadi make-up remover yang efektif, dan sifat antibakteri alami yang dimilikinya dapat mengatasi gigitan nyamuk dengan sempurna.

(photo: http://ocelebrity.com/)