Loading...

Manfaat dan Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Anggur untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Anggur adalah tanaman buah berupa pohon perdu merambat yang termasuk ke dalam kategori keluarga vitaceae.

Buah ini pada umumnya digunakan untuk minuman olahan seperti sirup, jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau paling sering dimakan langsung.

Buah anggur di kalangan masyarakat luas dikenal karena banyak mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berfungsi aktif dalam melancarkan berbagai sistem metabolisme tubuh, serta ampuh mencegah terbentuknya sel kanker ganas dan berbagai penyakit lainnya.

Loading...

Aktivitas ini paling dekat terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam daging buah anggur yang berperan besar sebagai senyawa antioksidan dan mampu menangkal berbagai radikal bebas jahat di dalam tubuh.

Tanaman anggur sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di wilayah Timur Tengah. Namun proses pengolahan buah anggur menjadi berbagai minuman olahan baru ditemukan sekitar tahun 2500 SM oleh Bangsa Mesir. Hanya perlu beberapa tahun berselang, proses pengolahan ini mengalami perkembangan pesat hingga ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria.

Penyebaran buah anggur ke seluruh dunia berkembang sejalan dengan sejarah perjalanan Colombus mengelilingi dunia sambil membawa dan menyebarkan bibit buah anggur.

Beberapa penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam daging buah anggur sangat ampuh untuk meningkatkan daya kerja sel endotelial yang berperan aktif dalam memperlancar aliran darah pada pembuluh arteri terkait dengan aktivitas terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme tersebut, risiko terkena serangan jantung bisa menurun.

Buah anggur mengandung banyak senyawa antioksidan yang sistem kerjanya sangat kuat dibanding vitamin C dan vitamin E. Melalui beberapa proses di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur bisa meningkatkan produksi lemak baik (HDL) dan menurunkan trigliserida yang banyak beredar di dalam darah.

1. Melindungi Terhadap Infeksi

Sebagai buah yang mempunyai fungsi melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi, kandungan antivirus dan antibakteri yang terdapat dalam buah anggur dapat membantu dalam melindungi tubuh terhadap serangan infeksi berbahaya tersebut.

2. Menurunkan Sesak Napas

Sebagai buah yang bagus dikonsumsi oleh penderita asma, karena kandungan assimiratory yang terdapat di dalam daging buah anggur ampuh membantu tubuh dalam meningkatkan kadar air terutama pada paru-paru tubuh kita.

Tentunya hal ini tepat untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asma. Kandungan zat assimiratory berguna sebagai penurun sesak napas.

3. Melindungi Mata

Buah yang berfungsi untuk melindungi mata, di mana kandungan buah anggur yaitu flavonoid, berfungsi penting untuk menolong tubuh dalam menjaga kesehatan mata terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak.

4. Mengobati Sembelit

Sebagai buah untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar. Di dalam buah anggur banyak terdapat aneka kandungan gizi seperti gula, asam organik dan selulosa, di mana ketiga kandungan tersebut dipercaya sebagai solusi tepat untuk mengobati penyakit sembelit atau penyakit susah buang air besar.

5. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Rutin mengonsumsi anggur dapat menaikkan kadar oksida nitrat yang banyak terdapat dalam tubuh. Kenaikan kadar oksida nitrat pada tubuh, ampuh menghindarkan diri dari pembekuan darah sehingga pada gilirannya akan menurunkan resiko terkena serangan penyakit jantung.

6. Mencegah Penyakit Pencernaan

Berfungsi menghilangkan adanya gangguan pada pencernaan serta organ ginjal. Ternyata mengkonsumsi buah anggur merupakan cara jitu untuk menghindarkan diri dari penyakit pencernaan. Anggur berfungsi baik untuk menghilangkan tumpukan asam yang terdapat di dalam ginjal, sehingga ginjal terjaga kesehatannya dengan baik.

Buah anggur adalah buah yang dapat dikategorikan sebagai tanaman obat, penggolongan ini didasari atas buah anggur yang kaya akan unsur-unsur yang berguna bagi kesehatan tubuh. Senyawa polifenol dan resverator juga berperan aktif terhadap pencegahan terjadinya sel-sel kanker serta penyakit lainnya.

(photo: www.sabunherbalhawa.com)