Loading...

Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan Kulit

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Resep, Wanita

Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan KulitTERUSKAN.COM – Kiwi adalah buah asli yang dapat Anda temukan dari lembah sungai yangzte di China yang saat ini sering dijumpai di beberapa supermarket atau toko buah.

Buah dengan kulit coklat dan daging hijau lezat ini kaya akan serat, dengan manfaat gizi yang hampir menyaingi banyak buah-buahan lainnya. 

Apakah mengkonsumsi langsung atau menerapkannya pada kulit Anda, buah kiwi akan memberikan manfaat yang sama. Buah kiwi kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang berkontribusi terhadap kulit agar terlihat lebih bercahaya dan sehat.

Loading...

Sebelum menggunakan masker atau krim yang mengandung ekstrak dari buah kiwi, ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Penghasil Kolagen untuk Kulit

Kiwi mengandung banyak vitamin C yang mana membantu tubuh memproduksi kolagen, dan jaringan protein ikat yang membantu mengencangkan kulit. Produksi kolagen yang berkurang saat memasukui usia tertentu, menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya.

Untuk tetap mendapatkan elastisitas kulit, menggunakan ekstrak kiwi atau produk yang menggunakan kiwi akan membantu merangsang kolagen, sehingga bukan hanya kulit yang kencang tetapi juga memperlambat munculnya penuaan.

Kulit Lebih Lembut

Vitamin C tidak hanya mengencangkan kulit, tetapi juga baik untuk perbaikan kulit. Kiwi memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan jumlah vitamin C yang terdapat dalam jeruk. Vitamin C membantu menyembuhkan luka dan lecet, dan juga bekerja untuk mencegah kulit kering dan kasar.

Selain produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak kiwi, mengkonsumsi salad yang menggunakan kiwi segar, strawberry dan irisan jeruk akan membantu melindungi kulit dari dalam ke luar.

Menghaluskan Kulit

Selain vitamin C, kiwi juga merupakan sumber vitamin E. University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa vitamin E topikal dapat menurunkan garis wajah dan keriput pada wajah karena penuaan.

Vitamin E juga telah terbukti mengurangi resiko kanker kulit yang dikarenakan sinar UV,  di mana telah dilakukan pengujian pada hewan.

Terlihat Lebih Muda

Anda tidak dapat memutar balik waktu tetapi Anda mungkin dapat memperlambatnya. Kiwi merupakan sumber utama dari antioksidan yang dapat menunda efek penuaan, bukan hanya pada wajah tetapi seluruh tubuh.

Antioksidan akan menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat dan mempercepat proses degenerasi, termasuk perubahan ketebalan kulit, elastisitas dan kekencangan.

Anda dapat mencampurkan kiwi dengan mengkonsumsi vitamin C, E, likopen dan zat lain dari buah -buahan yang bekerja dengan melawan radikal bebas.

DIY Masker Kiwi

Buah kiwi, selain rasanya enak dan segar, juga  bagus untuk digunakan sebagai masker. Terlebih saat musim panas, kiwi akan memberikan perlindungan pada kulit wajah Anda.

Sebelum menerapkan masker pada wajah, pertama-tama lakukan pengujian terlebih dahulu pada lengan Anda untuk melihat apakah kulit Anda menampakkan reaksi dari kiwi atau tidak.

Jika cocok,  cuci wajah Anda untuk menghilangkan kotoran atau makeup, dan keringkan sepenuhnya. Oleskan masker ke wajah Anda mulai dari dagu hingga seluruh wajah, kecuali di area mata.

Bahan :

1 Buah kiwi
1 1/2 sendok makan yogurt polos
1/2 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat :

1. Haluskan kiwi dengan food processor hingga halus.
2. Gunakan mangkuk kecil untuk mencampurkan kiwi, yogurt dan minyak zaitun. Setelah itu aduk rata.
3. Terapkan masker pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
4. Biarkan masker mengering lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://wonderwoman.intoday.in/)