Loading...

5 Tips Mudik Asyik Bersama si Kecil

Penulis: Nuzulia Rubrik: Keluarga

Tips Mudik Asyik Bersama si Kecil

TERUSKAN.COM – Liburan akhir tahun hampir tiba. Saatnya mudik untuk merayakan natal dan tahun baru bersama keluarga besar. Mudik adalah sesuatu yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama – sama oleh seluruh anggota keluarga, baik tua maupun muda.

Terlebih jikalau sebagian dari kita mudik dengan membawa serta anak – anak kita pastilah akan sangat menyenangkan, karena mudik dapat menjadi momentum untuk kita mengenalkan anak pada lingkungan keluarga.

Loading...

Namun, mudik bersama anak – anak bukanlah perkara yang mudah. Mudik dengan anak – anak justru membutuhkan persiapan yang ekstra. Apalagi jika perjalanan mudiknya harus menempuh waktu yang lama dengan jarak tempuh yang relatif cukup jauh.

Perjalanan yang lama akan membuat anak bosan dan jenuh. Hal ini bisa memicu kerewelan anak karena kelelahan. Lalu bagaimana mensiasati agar mudik menyenangkan bersama si kecil? Berikut tipsnya.

1. Perhatikan kondisi kesehatan anak

Jika anak dalam kondisi sehat – sehat saja, maka anda dapat membawa serta anak anda untuk mudik saat liburan natal dan tahun baru.

Namun, jika anak kurang sehat, sebaiknya urungkan niat mudik anda bersama anak anda, karena perjalanan mudik yang melelahkan dapat menyebabkan kondisi kesehatan anak anda menurun.

2. Bawa bekal makanan yang cukup

Perbekalan makanan dan minuman seperti air mineral, snack – snack ringan yang sehat seperti biskuit atau roti tawar, buah – buahan segar yang cukup sangat penting jika sewaktu – waktu anak merasa lapar di perjalanan. Selain makanan yang dibawa sendiri akan lebih sehat, anda juga dapat lebih berhemat.

Selain itu anda akan lebih tenang selama perjalanan tentunya dengan perbekalan yang cukup. Terlebih jika anak anda masih bayi/balita perbekalan makanan bayi yang lengkap wajib tersedia selama perjalanan mudik.

3. Bawa perbekalan obat – obatan secukupnya

Hal ini juga sangat penting, untuk menghadapi kondisi anak anda yang menurun selama perjalanan mudik dan pada saat anak berada di kampung halaman. Obat penurun panas, obat anti mabuk dan P3K sebaiknya selalu tersedia di tas selama mudik.

4. Siapkan hiburan dan mainan anak selama di perjalanan

Membawa serta hiburan/mainan anak yang menyenangkan, terlebih mainan kesayangan anak akan bermanfaat. Setidaknya akan membantu mengusir kejenuhan dan kebosanan pada anak.

Anda bisa membawa boneka atau mobil – mobilan kecil kesayangan anak anda. Atau bisa juga membawa buku gambar dan buku mewarnai lengkap dengan crayon atau pensil warnanya.

5. Ciptakan aura kegembiraan

Katakan mengenai rencana mudik kepada anak anda sebelum mempersiapkan perjalanan mudik natal dan tahun baru. Katakan hal – hal yang mengasyikkan yang dapat dia lakukan selama berada di kampung halaman, seperti dapat bermain bersama saudara – saudara sepupunya yang sebaya di kampung halaman. Atau anak dapat melihat suasana pedesaan yang asri yang jauh dari pemandangan kota.

Hal ini sebaiknya dilakukan untuk membangun euforia menyenangkan selama mudik karena akan memunculkan aura kegembiraan pada anak anda.

Dengan demikian anak anda akan mudah beradaptasi dan tak rewel baik selama perjalanan mudik, maupun saat berada di kampung halaman.

Selamat mudik bersama si kecil!