Loading...

Ini Beberapa Ide Untuk Mengatasi Mual Selama Kehamilan

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Ini Beberapa Ide Untuk Mengatasi Mual Selama KehamilanTERUSKAN.COM – Mampu mengandung buah hati di dalam rahim adalah hal yang sangat istimewa bagi seorang wanita. Waktu 9 bulan merupakan waktu yang paling menyenangkan dalam hidup seorang ibu terutama ketika bayi dapat lahir dalam keadaan sehat.

Akan tetapi, dalam kurun waktu tersebut tidak semuanya dapat diatasi dengan mudah bagi semua wanita, terutama untuk 3 bulan pertama. Tiga bulan pertama kehamilan adalah ketika semua organ vital janin dikembangkan.

Morning sickness, muntah dan mual adalah dua gejala yang paling umum dialami oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini terjadi karena tubuh Anda bersiap-siap untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan janin dalam rahim. Keadaan ini tidak hanya terjadi di pagi hari, tetapi dapat bertahan sepanjang hari.

Loading...

Ada berbagai alasan yang menyebabkan Anda mengalami mual, salah satunya karena hormon hCG meningkat dengan cepat pada periode tersebut, selain itu penelitian menunjukkan bahwa rasa mual selama kehamilan, terkait dengan tingkat hormon yang terus meningkat selama tahap awal kehamilan. Hormon estrogen dan progesteron juga bisa menjadi penyebab utama.

Sensitivitas yang tinggi terhadap bau ringan tidak jarang dialami perempuan pada tahap ini. Perut sensitif dan rasa stres adalah faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya rasa mual. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat mengatasi morning sickness selama kehamilan:

Hindari stres

Berurusan dengan morning sickness pada saat kehamilan tidak mudah bagi sebagian besar wanita. Maka dari itu, istirahat adalah hal yang paling penting, karena ini akan membuat Anda merasa lebih baik.

Tekanan yang cukup besar di tempat kerja akan mudah memicu stres sehingga menyebabkan mual di pagi hari. Jadi, buatlah diri Anda senyaman mungkin agar terhindar dari stres dan depresi.

Menghirup aroma segar 

Saat kehamilan, tidak jarang segala bau akan membuat Anda seperti tersedak sehingga mengakibatkan mual. Saat ini terjadi, segera hirup aroma segar, hal ini akan membantu Anda melupakan bau. Inilah salah satu tips jitu untuk menghindari mual selama kehamilan.

Cari tahu penyebabnya

Berurusan dengan morning sickness selama kehamilan bisa menjadi lebih mudah jika Anda tahu apa yang menyebabkan rasa mual timbul pada diri Anda.

Jika penyebabnya adalah bau tertentu yang tercium saat melakukan rutinitas pagi Anda, cobalah menghindari hal tersebut. Apabila penyebabnya sabun yang Anda gunakan, cobalah untuk membeli sabun dengan aroma yang berbeda.

Tetap terhidrasi

Tubuh harus mendapatkan jumlah yang cukup air setiap harinya. Anda dapat mengatasi rasa mual dengan mengkonsumsi banyak cairan, ini tidak hanya akan membantu Anda merasa lebih baik selama kehamilan, tetapi juga membuat Anda tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Konsumsi sedikit makanan

Cara terbaik untuk menangani morning sickness selama kehamilan adalah mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil. Hal ini dapat dilakukan sesuai dengan seberapa banyak yang tubuh Anda butuhkan. Anda juga bisa menyiapkan beberapa makanan ringan yang sehat untuk bayi dalam kandungan Anda.

Morning sickness bukanlah sesuatu yang begitu buruk, yang perlu Anda ketahui hanyalah solusi untuk menghadapinya. Coba bicarakan hal tersebut dengan wanita lain yang pernah menghadapi masalah yang sama dan mengeksplorasi ide-ide yang berbeda untuk mengatasi rasa mual selama kehamilan.