Loading...

Ide Cemerlang Untuk Memanfaatkan Kulit Telur

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fun

Ide Cemerlang Untuk Memanfaatkan Kulit TelurTERUSKAN.COM – Apa hal pertama yang Anda lakukan pada kulit telur setelah Anda mengolah isinya? Tentu saja Anda langsung membuang kulit telur tersebut.

Sebenarnya, ada baiknya untuk menyimpan kulit telur karena Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan di rumah Anda.

Terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kulit telur. Salah satunya adalah dengan menggunakannya sebagai pupuk untuk tanaman Anda, selain itu Anda juga dapat menggunakannya guna mengusir serangga dari taman rumah Anda.

Loading...

Bila Anda menyimpan kulit telur dalam jangka waktu tiga hari, Anda dapat menggunakannya sebagai produk kerajinan untuk menghias rumah Anda. Hal lain yang juga tidak kalah menariknya adalah bahwa ketika retak, sedikit cairan yang tersisa dalam kulit telur dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

Di samping itu, kalsium yang ditemukan dalam telur tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga bisa berguna untuk tujuan lain di rumah Anda.

Berikut adalah beberapa ide aneh namun cemerlah yang dapat dilakukan dengan menggunakan kulit telur, seperti dilansir dari boldsky:

Mengobati luka

Membran yang hadir di dalam kulit telur sangat cocok untuk dijadikan sebagai perban.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil kulit telur, memanfaatkan sedikit cairan pada kulitnya, oleskan pada bagian tubuh yang terluka lalu biarkan hingga mongering. Cara ini akan menyembuhkan luka Anda dalam waktu yang singkat.

Membersihkan pakaian putih

Menggunakan kulit telur adalah salah satu tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan pakaian putih.

Hancurkan beberapa kulit telur menjadi bagian-bagian kecil lalu letakkan dalam kantong mesin cuci, dan dalam cucian Anda. Ini akan membantu untuk menghilangkan warna keabu-abuan pada pakaian putih Anda.

Membasmi hama

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan kulit telur adalah kegunaannya dalam mengusir hama. Hancurkan kulit telur lalu letakkan di sekitar sayuran dan bunga guna mengusir ulat dan siput yang mengganggu.

Membersihkan vas bunga

Kulit telur juga sangat ampuh untuk membersihkan perabotan rumah tangga seperti vas bunga.

Yang perlu Anda lakukan adalah hancurkan kulit telur lalu masukkan ke dalam vas. Setelah itu secara perlahan-lahan isi vas dengan air hangat, tambahkan setetes sabun cuci piring, kocok lalu bilas hingga bersih.

Menghilangkan noda kopi dan teh

Gilinglah empat kulit telur, letakkan ke dalam cangkir dan tambahkan air hangat secukupnya. Diamkan semalaman, biarkan kulit telur tersebut menyerap noda. Kemudian bilas pada hari berikutnya.

Membuat kompos

Kulit telur kaya akan kalsium, juga banyak nutrisi lainnya yang besar manfaatnya untuk tanaman. Anda dapat menghancurkan kulit telur dan digunakan untuk menambah kompos pada tanaman Anda.

Mengurangi rasa pahit pada kopi

Kulit telur mampu menghapus sedikit rasa pahit dari rasa kopi. Jika Anda menemukan kopi hitam yang bagi Anda terlalu pahit untuk diminum, cobalah untuk memanfaatkan kulit telur.

Membersihkan perabotan rumah

Gunakan kulit telur untuk menghilangkan noda pada panci dan wajan yang sulit untuk dibersihkan. Kulit telur ini dapat bekerja luar biasa sebagai pembersih abrasif.

Itulah beberapa ide luar biasa yang dapat Anda lakukan dengan mengambil manfaat dari kulit telur. Mulai sekarang, ketika mengolah telur, jangan langsung membuang kulitnya sebab ada beberapa kegunaan yang baik dari kulit telur yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya.

(photo: http://crunchybetty.com/)