Loading...

6 Cara Cerdas Mengatasi Rasa Cemas

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

6 Cara Cerdas Mengatasi Rasa CemasTERUSKAN.COM – Semua orang pada satu titik akan mengalami rasa cemas. Kecemasan merupakan respon fisik dan emosional terhadap bahaya yang dirasakan.

Apa yang memicu kecemasan ialah prediksi menakutkan diri sendiri mengenai peristiwa masa depan, yang tidak selalu nyata.

Kecemasan tidak selalu disebabkan oleh kejadian besar. Hal kecil seperti tidak menemukan kunci, lupa mengirim email, terperangkap dalam kemacetan lalu lintas, dan sebagainya, bisa mendatangkan rasa cemas.

Loading...

Mudah saja menjadi panik karena kecemasan, tetapi dengan tips berikut Anda dapat belajar untuk mengalahkannya dan bersenang-senang saat melakukannya.

Ingat: tips-tips ini untuk mengatasi kecemasan ringan. Jika gangguan kecemasan serius berlaku, adalah penting untuk Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis.

1. Tekan pause dan tertawa

Secara harfiah, menghentikan segala sesuatu dan beristirahat untuk kemudian tertawa. Tertawa dan tersenyum terbukti dapat mengurangi tingkat stres Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap kecemasan.

Jadi pada saat Anda merasa stres, berhentilah sejenak pada apapun yang Anda lakukan, lalu cobalah menelusuri vine, YouTube, atau halaman web dengan video lucu dan gambar lainnya.

2. Manjakan diri dalam terapi warna

Meskipun praktek kuno, terapi warna masih dapat digunakan sebagai sarana untuk mengobati kecemasan. Misalnya saja, mengecat dinding dengan warna dingin, seperti nuansa biru, ungu atau hijau.

Terapi ini mudah dipraktekkan sepanjang hari dengan hanya memperhatikan warna apa yang mata Anda senangi, dan bagaimana warna tersebut mempengaruhi perasaan Anda.

Terapi warna berfungsi jika anda memiliki kesadaran diri yang tinggi, sehingga lebih mengembangkan kesadaran Anda, semakin Anda akan menyadari betapa warna akan membuat Anda merasa.

3. Mendengarkan lagu yang Anda sukai

Mendengarkan musik setiap hari dapat membantu mengatasi kecemasan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Biarkan suasana hati Anda menjadi panduan untuk playlist Anda.

Bertepatan dengan tips ini, gunakan earphone Anda saat mendengarkan musik. Dengan demikian, Anda tidak mengganggu orang lain dan setiap kali Anda merasa cemas, gunakan saja earphone Anda untuk menutupi semuanya.

4. Terputus sepenuhnya

Cabut perangkat komunikasi, tarik kursi, dan naikkan kaki Anda tanpa melakukan apa-apa. Akan tetapi, pastikan saat itu Anda memang dapat sepenuhnya terputus dan bahwa orang yang bergantung pada Anda tahu bahwa Anda tidak akan terjangkau selama waktu itu.

Terputus sepenuhnya berarti tidak ada TV, tidak ada telepon, tidak ada tablet. Mandilah yang lebih lama dan santai, atau memanjakan diri dalam beberapa aromaterapi.

Basil, adas manis, dan chamomile adalah pilihan yang bagus; mereka mengurangi ketegangan dalam tubuh dan membantu meningkatkan kejernihan mental. Ini akan membangkitkan Anda secara emosional dan fisik, sehingga Anda dapat menangani stres.

5. Meditasi

Para ilmuwan telah menemukan bahwa meditasi meningkatkan materi abu-abu di otak, yang membuatnya mudah bagi kita untuk mengatasi stres. Para ilmuwan juga telah melakukan berbagai penelitian tentang efek meditasi pada gangguan stres dan kecemasan, dengan hasil yang hampir selalu positif.

Lakukan meditasi selangkah lebih jauh dengan mendaftar di kelas yoga atau melakukannya di rumah setiap hari. Yoga adalah kombinasi dari tenaga, meditasi dan pernapasan latihan fisik yang telah membantu pasien kecemasan dan memberi prospek baru dalam hidup mereka.

6. Lebih banyak omega-3 dan vitamin B

Kecemasan mempengaruhi pikiran dan tubuh. Karena itu, pemulihan harus dari keduanya.

Untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan, cobalah makan makanan yang kaya omega-3 dan vitamin B. Penelitian telah mengaitkan vitamin B dengan kesehatan mental yang baik, dan omega-3 dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Juga, kurangi gula, makanan olahan dan kafein, karena makanan ini dapat meningkatkan gejala kecemasan.

(photo: www.lifehack.org)