Loading...

Tips Memilih Mainan Tepat Untuk Si Kecil

Penulis: Nila Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Tips Memilih Mainan Untuk Si KecilTERUSKAN.COM – Pada usia 1-3 bulan, bayi sudah lebih menyadari dan memperhatikan lingkungan sekitarnya, dibanding saat baru dilahirkan. Pada usia ini, ia sudah mampu mengenali suara dan wajah Anda, dan ia juga sudah dapat merespon dan dilibatkan dalam permainan.

Sementara bagi Anda sendiri, anda akan mulai mengenali kebiasaan-kebiasaan hariannya.

Misalnya kapan anak terjaga dan siap untuk bermain dan belajar atau saatnya ditinggal sendirian. Pada saat  tertentu, bayi juga perlu melindungi dirinya sendiri dari stimulasi yang berlebihan dengan berdiam diri sejenak.

Loading...

Memilih mainan bagi bayi sangat penting. Selain untuk menghibur, bayi juga belajar banyak sementara bermain dengan mainannya. Mainan dapat membuat si kecil tertawa, belajar  dan tentu saja membuat bayi Anda sibuk tanpa menuntut perhatian khusus dari Anda.

Namun, bagaimana memilih mainan yang paling cocok untuk buah hati tercinta Anda?

1. Keselamatan yang utama

Faktor utama untuk memilih mainan bayi untuk si kecil adalah keamanan. Silahkan periksa dibawah ini: apakah mainan dibuat dengan plastik beracun atau kain? Apakah ada jaminan kualitas? Apakah ada bagian yang longgar dari mainan yang bisa menyebabkan bahaya tersedak? Apakah memungkinkan jari terjepit? Apakah anak anda secara fisik, ukuran tubuhnya besar, sehingga aman untuk bermain dengan mainan yang lebih besar?

Penting untuk memilih mainan sesuai dengan minat bayi Anda. Dalam kasus yang biasa, untuk anak-anak di bawah 18 bulan boleh mencoba seperti mainan ponsel, bunyi-bunyian, mainan susun dan mainan tarik.

2. Pilih mainan sesuai perkembangan usia anak

Memilih mainan bayi seharusnya sesuai dengan perkembangan usia bayi. Dengan asumsi bahwa bayi Anda pada tahap perkembangan sesuai usianya, informasi pada label instruksi memberikan dasar untuk mengevaluasi mainan. Baca label instruksi pada kemasan kotak mainan dengan usia yang disarankan.

Namun, anda adalah orang yang paling tahu tentang bayi Anda. Pertimbangkan perbedaan ketika anda membuat pilihan untuk mainan si buah hati.

3. Pilih mainan yang membantu anak belajar tentang dunia nyata

Selain untuk tujuan pendidikan, beberapa mainan bayi dapat membantu bayi anda belajar tentang kehidupan nyata, terutama keterampilan.

Hal ini dapat dicapai melalui penyediaan mainan yang menjadi cermin kehidupan nyata. Misalnya berupa video dan DVD, seperti Baby Einstein, Baby Da VinciBaby Shakespeare World Of Poetry, Baby Mozart.

Mereka adalah platform yang ideal untuk bayi anda belajar tentang dunia nyata, tentang binatan, mendapatkan pengetahuan tentang tubuh dari kepala sampai kaki, berhubungan dengan puisi indah dari Shakespeare dan menikmati musik indah dari Mozart.

4. Pilih mainan yang bersifat mendidik

Bahkan dalam empat tahun pertama kehidupan, anak mengembangkan 50% penuh kecerdasan dewasa. Itulah seberapa cepat otak mereka tumbuh. Selain untuk bersenang-senang, mainan bayi mendorong kreativitas, koordinasi, emosional dan ketahanan sosial.

Jadi, penting untuk memilih mainan dengan tujuan pendidikan. Mainan ini akan membantu untuk mengembangkan kepercayaan diri anak Anda.

Mainan yang mendorong imajinasi yang besar untuk anak, laki-laki dan perempuan, mainan seperti blok atau cangkir susun bisa sangat mendidik. Mereka dirancang untuk merangsang otak dan koordinasi anak.

Pertimbangkan bukan hanya apa yang anak pelajari dan kembangkan dari mainan, tetapi juga perhatikan dari sisi kesehatan mental untuk perkembangan mereka di masa depan.

 (photo: www.kidsandbabies.info)