Loading...

10 Menu Sarapan untuk Kulit dan Rambut Sehat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

10 Menu Sarapan untuk Kulit dan Rambut SehatTERUSKAN.COM – Sarapan atau makan pagi menjadi aktivitas yang paling penting karena membantu meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa energik sepanjang hari.

Jadi, makanan yang dikonsumsi saat sarapan sebaiknya  mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat kita tetap dalam kesehatan yang baik.

Selain itu, menu sarapan yang tepat juga akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut. Para wanita tentu mengidamkan hal ini, bukan?

Loading...

Berikut adalah beberapa menu sarapan penting yang tidak hanya membuat Anda kuat dan energik, tetapi juga memperindah dan melindungi kulit dan rambut dari kerusakan.

1. Teh Hijau

Teh hijau secara luas dikenal karena manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, meningkatkan tingkat metabolisme dan penurunan berat badan. Selain untuk kesehatan,  teh hijau merupakan salah satu sumber terbaik antioksidan yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Jadi, jika Anda meminum secangkir teh hijau di pagi hari, Anda akan mendapatkan kulit yang  sehat dan bersinar. Teh hijau juga baik untuk rambut.

Penelitian telah membuktikan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh termasuk folikel rambut sehingga membantu melawan rambut rontok.

2. Kopi

Secangkir kopi  tidak hanya memberikan Anda dorongan energi tetapi juga menjaga kulit dan rambut dengan merangsang folikel kulit dan rambut. Ini mengelupas kulit dan mengurangi bengkak mata.

Kopi juga akan membuat rambut terlihat lebih berkilau, meningkatkan warna rambut dan mengurangi rambut rontok karena peningkatan sirkulasi darah ke kulit kepala.

3. Susu

Susu tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa mengkonsumsinya. Kalsium dan protein pada susu akan membuat kulit bercahaya dan rambut sehat. Susu dianggap sebagai pelembab yang baik untuk kulit serta rambut.

Susu kaya akan vitamin A yang diperlukan untuk membuat kulit lebih bersinar. Protein susu sangat membantu dalam menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Anda dapat meminum satu cangkir susu di pagi hari atau menggunakannya langsung pada rambut.

4. Yogurt

Yogurt merupakan menu sarapan yang lezat dan sehat. Yogurt memiliki semua nutrisi penting termasuk protein dan vitamin yang diperlukan untuk kulit dan rambut.

Asam laktat dalam yogurt sangat bermanfaat bagi kulit dan rambutYogurt mengandung vitamin B5  yang benar-benar baik untuk kesehatan rambut. Yogurt tidak hanya membasahi kulit Anda, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat untuk jerawat dan jerawat.

Demikian pula, tidak hanya menghilangkan ketombe tetapi juga membuat rambut Anda berkilau dan kuat.

5. Telur

Telur adalah salah satu sumber makanan yang paling banyak memiliki protein serta vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut dan kulit.

Jadi, hanya dengan menambahkan telur ke menu sarapan pagi akan memberikan manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Anda dapat menambahkan tomat dalam campuran telur untuk mendapatkan kulit bersinar.

6. Madu

Madu mengandung antioksidan yang dapat menyembuhkan luka bakar matahari dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Untuk sarapan pagi, Anda dapat mengkonsumsi satu sendok madu atau mencampurnya dengan air hangat atau teh.

Madu dapat digunakan sebagai pelembab untuk rambut Anda dengan cara menambahkan satu sendok teh madu pada sampo. 

7. Oatmeal

Oat merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin B kompleks dan seng yang dianggap  sebagai nutrisi utama untuk kesehatan rambut. Oatmeal juga baik untuk kulit Anda karena melindungi terhadap matahari.

Anda dapat menambahkan potongan buah atau topping untuk dijadikan menu sarapan dengan segelas susu.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A yang akan melindungi kulit Anda dari matahari dan membuatnya halus dan lembut. Anda dapat mencampurkan ubi dalam salad sebagai menu sarapan.

9. Blueberry dan Semangka

Segelas jus blueberry akan memberikan sumber vitamin C yang membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan dengan demikian menjaga kulit dan rambut sehat.

Sedangkan semangka adalah buah yang memiliki kandungan air paling banyak dan kaya akan nutrisi, yang akan menghidrasi kulit terlebih saat musim panas. 

10. Strawberry dan Kiwi 

Jika Anda memiliki waktu singkat di pagi hari, membuat segelas smoothie yang lezat dari strawberry dan kiwi menjadi pilihan yang tepat. Vitamin C dari strawberry akan menghaluskan kulit Anda sedangkan vitamin E dari kiwi diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan membuat rambut halus dan mengkilap.

Menu sarapan yang sehat akan memberikan manfaat dan keuntungan bagi tubuh. Pastikan memilih bahan makanan yang segar dan akan lebih baik untuk tidak mengkonsumsi makanan berat saat pagi hari.

Semoga bermanfaat.

(photo: http://greenteafatburnerpills.net/)