Loading...

Manfaat Kesehatan dari Peterseli

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Manfaat Kesehatan dari PeterseliTERUSKAN.COM – Parsley atau yang dikenal dengan nama peterseli adalah tumbuhan yang  berasal dari wilayah Mediterania selatan Italia, Aljazair serta Tunisia. Tanaman khusus ini dikenal secara klinis sebagai Petroselinum hortenseand, Petroselinum crispum yang masih berkeluarga  dengan Apiaceae.

Awalnya tanaman ini hanya  dimanfaatkan sebagai tanaman obat, tetapi seiring perkembangan, tanaman ini bahkan digunakan dalam beberapa jenis makanan seperti  salad, atasan, sandwich, dll atau sebagai penghias karena memiliki manfaat.

Penasaran dengan manfaat dari daun keriting ini? Yuk, simak artikel berikut.

Loading...

1. Mengurangi Risiko Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa miristisin, zat alami yang ditemukan dalam minyak esensial peterseli, bukan hanya mencegah pembentukan tumor (terutama di paru-paru), tetapi juga merangsang enzim glutathioneStransferase, yang akan membantu molekul glutathione dan memperbaiki  molekul yang teroksidasi.

Miristisin juga bisa menetralkan karsinogen seperti benzopyrene dalam asap rokok yang dapat melewati tubuh untuk memerangi terhadap usus besar serta kanker prostat.

2. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Vitamin C serta vitamin A yang terdapat pada peterseli, dapat membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia, meskipun dengan cara yang berbeda.

Vitamin C sangat penting untuk kolagen, protein struktural utama hadir dalam jaringan ikat. Nutrisi tertentu yang penting ini tidak akan mempercepat kemampuan tubuh untuk memulihkan cedera, tetapi akan menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Selain vitamin C, terdapat juga vitamin A yang membantu menjaga selaput lendir, lapisan mata, serta pernapasan, kencing dan saluran usus.

3. Inflamasi

Parsley akan mengurangi nyeri serta peradangan yang terkait dengan arthritis. Jika Anda menggabungkan peterseli dengan minyak atsiri, maka akan berfungsi sebagai eugenol yang telah terbukti dalam penelitian sebagai antiinflamasi dan antirematik yang akan mengatasi pembengkakan sendi.

4. Melawan Penyakit

Parsley memberikan pertahanan terhadap banyak penyakit mulai dari aterosklerosis, diabetes serta kanker usus besar dan asma.

Peterseli adalah cara yang baik untuk  mendapatkan vitamin C yang merupakan nutrisi penting dalam prosedur untuk menetralkan radikal bebas yang menjadi peran penting dalam perkembangan berbagai jenis penyakit.

5. Melindungi Pembuluh Darah

Peterseli adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin B yang paling penting untuk asam folat, dimana asam folat mengurangi homosistein.

Homosistein adalah  asam amino yang secara alami bersumber dalam tubuh namun dalam darah dapat merusak pembuluh darah yang akan  meningkatkan kemungkinan serangan jantung dan stroke.

6. Antioksidan

Peterseli kaya dengan persenjataan antioksidan yang mencakup luteolin dan  flavonoid yang akan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan stres oksidatif dalam sel. Luteolin akan mendorong metabolisme karbohidrat dan tidak  hanya sebagai salah satu agen antiinflamasi.

Selain itu, dua sendok makan peterseli mencakup 16% dari RDA vitamin C dan juga lebih dari 12% dari RDA vitamin A.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Peterseli memiliki banyak folat yang diperlukan untuk memproses tubuh yang akan mengubah homosistein menjadi molekul jinak. Ini dikarenakan, homosistein akan membahayakan pembuluh darah dan tingginya homosistein akan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke pada penderita  aterosklerosis atau bahkan penyakit jantung diabetes.

Folat adalah tambahan yang sangat penting untuk pencegahan kanker di bagian tubuh yang mengandung sel-sel  seperti kerongkongan, paru-paru, rahim dan leher rahim, dan usus (terutama usus besar).

8.  Menurunkan Tekanan Darah

Mengurangi tingkat tekanan darah mungkin adalah manfaat kesehatan yang sangat baik yang bisa Anda dapatkan dari peterseli. Peterseli akan mempertahankan kalium yang dapat membantu mengelola detak jantung serta tekanan darah.

9. Mengurangi Lendir

Jika Anda menderita reaksi alergi, infeksi sinus jangka panjang, tekanan sinus serta batuk berlendir, peterseli bisa membantu Anda. Mengkonsumsi 2 sdm. jus peterseli akan mengurangi lendir.

10. Perawatan Kulit dan Rambut Rontok

Ekstrak peterseli membantu Anda untuk menghindari rambut rontok serta  pengobatan yang luar biasa untuk kulit kering.

11.  Gangguan Menstruasi

Keberadaan minyak apiole dalam peterseli yang merupakan konstituen dari hormon seks wanita yaitu estrogen akan mengatasi masalah menstruasi.

Masih banyak manfaat kesehatan dari tanaman hijau ini. Gunakan dalam resep masakan Anda dan rasakan khasiatnya. Semoga bermanfaat.

(photo: http://medicmagic.net/)