Loading...

Biasakan Membantu Orangtua; Ketika Hal Kecil Bermakna Besar Bagi Mereka

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga

Biasakan Membantu Orangtua; Ketika Hal Kecil Bermakna Besar Bagi MerekaTERUSKAN.COM – Dengan terus bertambahnya usia orang tua, Anda mungkin akan menemukan lebih banyak alasan untuk terlibat dalam berbagai urusan rumah tangga sehari-hari seperti pembayaran tagihan, serta hal kecil lainnya yang bermakna besar bagi orang tua Anda.

Terkadang orang tua merasa enggan menyusahkan anak-anak mereka untuk melakukan tugas-tugas tersebut, maka dari itu Anda harus berinisiatif untuk dapat melibatkan diri lebih awal.

Jika Anda sedini mungkin bersedia membantu segala urusan rumah tangga, orang tua akan segera menjadi terbiasa untuk memiliki bantuan yang tersedia sehingga mereka dapat menjalani masa tua dengan tenang.

Loading...

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang tua Anda:

Tagihan Pembayaran

Kadang-kadang, orang tua memiliki masalah ingatan dengan memudarnya memori jangka pendek mereka sehingga akan sedikit menyulitkan untuk mengurus dan menyimpan semua tagihan pembayaran.

Ini bukan berarti bahwa Anda harus membayar semua tagihan rumah Anda, Anda cukup menawarkan diri untuk membantu mengurus segala hal yang berkaitan dengan tagihan pembayaran.

Hal ini akan membebaskan masa tua mereka dengan melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan daripada mengurusi tagihan serta urusan rumah tangga lainnya.

Mengemudi Kendaraan

Salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan orang tua adalah mengemudi kendaraan terutama dalam perjalanan yang panjang, karena hal ini membutuhkan banyak tenaga dan konsentrasi yang tinggi sehingga membuat siapa saja cepat merasa lelah.

Jika Anda mahir dalam mengemudi kendaraan dan masih tinggal bersama orang tua, tawarkan bantuan kapan saja Anda bisa untuk mengantar orang tua saat mereka ingin melakukan perjalanan.

Ini mungkin saja merupakan hal yang mudah bagi Anda, namun orang tua Anda akan sangat tersentuh bila Anda dapat meluangkan sedikit saja waktu untuk mengantar mereka ke tempat tujuan.

Menyediakan Asupan Makanan Sehat

Usia yang makin bertambah terkadang tidak dapat menghindarkan siapa saja dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan.

Jika orang tua Anda memiliki kondisi medis berbahaya seperti hipertensi atau penyakit lainnya, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan mereka untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan menjauhkan segala pantangan yang membahayakan.

Orang tua biasanya menganggap kesehatan dan kebahagiaan anak adalah yang paling utama, sehingga seringkali mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Disinilah Anda dapat memainkan peran sebagai anak yang berbakti kepada orang tua.

Stimulasi Mental

Untuk beberapa orang tua, hal yang paling signifikan yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan mereka stimulasi mental. Usia yang terus bertambah, membuat orang tua perlu untuk membatasi kegiatan mereka.

Namun, keterbatasan ini dapat menyebabkan kurangnya stimulasi mental sehingga penting untuk membuat koneksi otak untuk menjaga fungsinya. Anda dapat melibatkan orang tua Anda dalam berbagai percakapan, bermain kartu bersama, mengajaknya menikmati angin sore, serta kegiatan lainnya yang dapat merangsang otak.

Berkomunikasi sesering mungkin melalui email atau SMS juga dikatakan dapat membantu menjaga fungsi otak. Waktu yang dihabiskan dengan kegiatan ini dapat memiliki efek yang signifikan dan nyata pada fungsi mental orang yang Anda cintai.

Libatkan Diri Anda dalam Segala Hal Kecil

Usahakan untuk selalu melibatkan diri Anda dengan melakukan tugas sehari-hari di sekitar rumah Anda, misalnya mendampingi orang tua ketika mereka melakukan sesuatu, menyiapkan makanan bersama-sama atau cukup dengan bermain kartu dengan mereka.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Anda dapat saling bertukar cerita tentang segala hal dan saling tertawa dengan mereka. Bantuan kecil ini tentu saja bermakna sangat besar bagi orang tua Anda.

Buatlah masa tua mereka terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Jadi, lakukan sekarang sebelum Anda tidak sempat lagi melakukannya.

(photo: http://media.salon.com/)