Loading...

Tips Praktis Menjaga Berat Badan Ideal

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Tips Praktis Menjaga Berat Badan IdealTERUSKAN.COM – Banyak orang ingin memiliki berat badan ideal atau normal agar telihat lebih proposional, dengan tinggi dan berat badan terlihat seimbang. Seseorang yang memiliki berat badan yang tidak seimbang dengan tinggi badan terlalu dominan akan terlihat kurus atau sebaiknya akan terlihat gemuk.

Jika Anda ingin menaikkan atau menurunkan berat badan cobalah dengan cara alami, aman dan tetap sehat sehingga tidak menganggu dan membahayakan diri dan kesehatan Anda serta orang yang ada di sekitar Anda.

Namun menjaga berat badan ideal ini tidaklah mudah, hanya saja ada beberapa cara yang cukup efektif untuk menjaga berat badan ideal Anda stabil:

Loading...

1. Membakar kalori dengan cara mudah

Saat berat badan sudah ideal bukan berarti Anda bisa meninggalkan rutinitas olahraga. Olahraga masih diperlukan untuk membakar kalori guna menjaga berat badan ideal.

Olahraga disini tidaklah harus seperti olahraga yang umum kita ketahui, melainkan bisa dengan melakukan aktifitas kecil sehari-hari. Salah satunya adalah mengepel lantai selama 30 menit, berarti kita sudah membakar 300 kalori.

2. Hindari minuman soda

Minuman soda tidak baik untuk kesehatan, apalagi saat kita berusaha menjaga berat badan ideal. Minuman ringan bersoda dapat meningkatkan risiko penyakit seperti arthitis, penyakit jantung, diabetes dan gangguan hati.

Hindari minuman ringan bersoda agar program menjaga berat badan ideal sukses. Cobalah mengganti minuman soda dengan jus buah, lemon tea atau minuman sehat lain buatan sendiri.

3. Makan tepat waktu

Untuk menjaga berat badan ideal, kita harus makan secara teratur dan tepat waktu. Saran para ahli adalah makan makanan porsi kecil 6 sampai 7 kali sehari.

Namun perlu diperhatikan agar tidak makan di waktu yang berdekatan dengan waktu tidur. Hal ini baik untuk menjaga pengaturan program berat badan yang sedang dijalani.

4. Lakukan latihan beban

Gunakan High Intensity Training untuk latihan beban. Yang berarti, istirahat pendek antar set, sekitar 1.5 – 2 menit. Lalu angkat beban seberat mungkin.

Contoh : buat yang tinggi sekitar 160 – 165, jangan melakukan bench press 10 kg kiri dan kanan. Karena hal ini tidak akan bisa menaikkan masa otot Anda. Kejar target minimal 25 – 30 kg kiri dan kanan. Kalau belum mampu, naikkan perlahan-lahan setiap minggu sampai Anda mampu. Jika perlu, minta bantuan atau bimbingan dari teman yang ahli di bidang ini.

5. Konsumsi karbohidrat dan protein setelah selesai latihan

Hal ini diperlukan untuk menggantikan glikogen atau gula dalam otot yang habis sewaktu latihan. Dan proteinnya dibutuhkan oleh otot yang baru saja dibebani dengan latihan berat.

6. Mengambil multivitamin

Ini keharusan untuk Anda yang ingin nambah berat badan, karena vitamin B sangat membantu untuk mencerna nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

(photo: www.health-sourcing.com)