Loading...

Lakukan 4 Hal Ini Setelah Lamaran Kerja Ditolak

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir

Lakukan 4 Hal Ini Setelah Lamaran Kerja DitolakTERUSKAN.COM – Melamar pekerjaan terkadang membuahkan hasil tidak seperti yang kita harapkan. Baik karena jumlah pelamar yang cukup banyak, hingga kualifikasi kemampuan yang tidak dapat kita penuhi membuat sebuah perusahaan tidak dapat dengan mudah menerima lamaran pekerjaan Anda.

Jika lamaran pekerjaan Anda pernah ditolak, hal tersebut mungkin mengecewakan bagi Anda, terlebih jika pekerjaan tersebut adalah pekerjaan impian Anda dan Anda telah mempersiapkan banyak hal untuk mendapatkan kesempatan bekerja.

Karena keputusan diterimanya Anda atau tidak ada pada pihak perusahaan, tentu kita harus mampu menerima kenyataan jika lamaran kita ditolak.

Loading...

Terus menerus bersedih dan berkeluh kesah atas penolakan tersebut hanya akan menghabiskan waktu berharga Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan setelah lamaran pekerjaan ditolak.

1. Intropeksi Diri

Coba cek kembali surat lamaran pekerjaan Anda, dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melamar kerja hingga tanggapan dari perusahaan tersebut. Anda dapat menganalisa seluruh hal tersebut untuk membantu Anda menemukan beberapa alasan kenapa lamaran Anda ditolak.

Anda juga dapat kembali mengintropeksi diri Anda baik dari segi kemampuan, penampilan maupun komunikasi yang Anda lakukan saat melamar pekerjaan.

Hal ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih baik baik dari segi kemampuan maupun strategi melamar pekerjaan, sehingga Anda mendapatkan kesempatan yang lebih baik pula.

2. Minta Tanggapan dari Pihak Perusahaan

Tak ada salahnya setelah mengetahui lamaran pekerjaan Anda ditolak Anda kembali menghubungi pihak perusahaan dan menanyakan secara formal kenapa lamaran pekerjaan Anda ditolak.

Anda dapat menyanyakan alasan mereka serta pendapat mereka terhadap lamaran Anda. Hal ini dapat menjadi masukan yang sangat berharga karena sumbernya langsung dari orang yang bersangkutan.

Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki lamaran maupun kualisifikasi Anda untuk lamaran pekerjaan yang berikutnya.

3. Milis Pencari Kerja

Saat ini urusan melamar pekerjaan banyak dilakukan melalui media online. Hal ini juga sebaiknya Anda manfaatkan untuk bergabung dalam grup atau milis khusus pencari kerja.

Biasanya Anda dapat memajang lamaran anda secara umum yang kemudian dengan mudahya dapat Anda sambungkan jika ada lamaran pekerjaan yang menarik perhatian Anda.

Jangan lupa untuk memasang foto dan lamaran yang paling up-to-date.

4. Tetap Semangat

Lamaran pekerjaan yang ditolak sebenarnya adalah hal yang biasa terjadi pada setiap orang. Jangan menyerah dan tetaplah mencoba melamar pekerjaan karena penolakan tidak berarti kesempatan melamar yang lainnya tertutup bagi Anda.

Perbaiki dan lengkapi dokumen lamaran pekerjaan Anda dan latihlah kemampuan berkomunikasi Anda saat wawancara kerja dengan melihat saran dan etika melamar pekerjaan di berbagai media.

Tak ada salahnya pula untuk menanyakan hal seputar melamar pekerjaan kepada orang-orang yang telah sukses mendapatkan pekerjaan.

***

Melamar pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan semangat dan pikiran yang positif, akan selalu ada kesempatan yang berikutnya untuk Anda.

Semoga sukses!

(photo: http://nz-immigration.co.nz/)