Loading...

Ini Solusi Untuk Mengusir Kantuk Saat Bekerja

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Dunia Karir

Ini Solusi Untuk Mengusir Kantuk Saat BekerjaTERUSKAN.COM – Kantuk adalah satu hal yang sering menghadang siapa saja saat sedang bekerja.

Ini merupakan hal umum yang dihadapai banyak orang, karena kantuk dapat menyerang tanpa mengenal waktu dan tempat, entah itu di rumah, di kantor atau bahkan di angkutan umum sekalipun.

Rasa kantuk tentunya akan lebih mudah diatasi saat Anda berada di rumah, sebab Anda dapat langsung beranjak ke tempat tidur dan memenjamkan mata Anda hingga tertidur. Tapi apa jadinya jika Anda merasa kantuk saat berada di kantor dengan tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan?.

Loading...

Sebenarnya rasa kantuk yang Anda alami terutama di tempat kerja adalah salah satu tanda bahwa Anda tidak memiliki jam tidur yang cukup pada malam sebelumnya. Ini juga bisa terjadi akibat terlalu lama menatap layar komputer, kurangnya gerakan tubuh atau ketika Anda merasa sangat kenyang. Yang mana kemudian membuat rasa kantung datang dan mengurangi produktivitas Anda.

Beruntung, ada beberapa cara yang dianggap cukup ampuh untuk mengatasi masalah ini, yang dapat Anda terapkan ketika Anda merasakan kantuk di kantor, seperti berikut ini:

1. Mencium parfum atau aroma wangi lainnya

Pada saat Anda merasa kantuk, segeralah mencium wewangian. Anda dapat memilih wewangian yang menyegarkan seperti peppermint atau rosemary. Selain itu terdapat pula beberapa minyak yang aromanya dapat mengatasi rasa kantuk, misalnya minyak kayu putih.

Dengan cara ini, Anda akan tetap terjaga dan mampu menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu.

2. Membasuh wajah

Ini adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan orang saat kantuk menyerang, mencuci wajah dengan menggunakan air dingin. Ini memang merupakan cara yang ampuh untuk membuat Anda tetap terjaga.

Anda juga dapat mengunyah es ataukah mengkonsumsi minuman dingin dengan tujuan untuk merangsang otak dan mengusir rasa kantuk.

3. Mengunyah cemilan atau permen karet

Cemilan adalah salah satu hal penting yang harus Anda siapkan dimanapun, karena ini akan sangat berguna terutama ketika Anda terjebak macet di jalan, dan terhadang kantuk di kantor.

Kegiatan mengunyah akan menjauhkan Anda dari rasa kantuk sehingga Anda dapat bertahan hingga jam kerja berakhir.

4. Meditasi

Meditasi adalah cara lain yang juga efektif untuk mengatasi kantuk. Cobalah untuk melakukan meditasi ringan dengan menarik napas dalam-dalam lalu mengeluarkannya.

Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai beberapa menit. Ini dapat membuat pikiran Anda kembali segar dan membantu Anda tetap terjaga.

5. Mendengarkan musik

Ketika Anda merasa kantuk, Anda dapat langsung mendengarkan lagu favorit Anda. Ataukah akan lebih baik lagi jika Anda mendengarkan lagu dengan tempo cepat yang ceria.

Cara ini akan merangsang pikiran Anda, dan membuat Anda kembali bersemangat untuk melakukan pekerjaan.

6. Melakukan peregangan otot

Meskipun Anda sedang berada di kantor, Anda tetap dapat melakukan beberapa gerakan-gerakan kecil. Peregangan otot seperti stretching dapat Anda lakukan sambil duduk, ini dapat membantu Anda untuk membuat otot-otot tubuh terasa lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa lelah dan kantuk.

7. Bermain game

Ini adalah pilihan terkahir yang dapat Anda coba untuk mengusir rasa kantuk. Cara ini dapat membuat pikiran Anda merasa segar dan aktif kembali.

Namun hindari untuk bermain dalam jangka waktu yang terlalu lama, karena hal tersebut dapat menghambat pekerjaan Anda.

(photo: www.unlimitedchoice.org)