Loading...

Mencegah Bahaya Sinar UV: Siapkan 5 Benda Ini Saat Berlibur

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan, Wisata

Mencegah Bahaya Sinar UV, Siapkan 5 Benda Ini Saat BerliburTERUSKAN.COM – Pada musim liburan seperti saat ini yang berbarengan dengan musim kemarau, destinasi liburan yang banyak dikunjungi adalah pantai dan atraksi lainnya yang menawarkan keindahan alam.

Tidak hanya di Indonesia, sebagian besar negara di dunia juga sedang bermusim-panas-ria, yang artinya matahari bersinar terang dan banyak orang yang berlibur untuk menikmati musim panas.

Liburan musim panas memang identik dengan matahari dan laut. Untuk Anda yang sensitif terhadap sinar matahari dan ingin terhindar dari kulit yang terbakar sinar UV, mungkin Anda perlu mempersiapkan krim tabir surya dalam bawaan anda.

Loading...

Padahal, krim tabir surya tidak cukup untuk melindungi Anda dari bahaya sinar UV. Ada beberapa benda lainnya yang sebaiknya juga Anda bawa agar resiko terhindar dari bahaya sinar UV lebih besar.

1. Krim Tabir Surya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, krim tabir surya memang merupakan salah satu benda yang paling wajib dibawa saat liburan musim panas. Bagi orang Indonesia, membawa krim tabir surya mungkin tidak dianggap terlalu penting karena sebenarnya resiko kulit terbakar matahari bagi kita jauh lebih kecil daripada mereka yang berkulit putih alami.

Akan tetapi, jika Anda berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu cukup lama, resiko kulit terbakar matahari juga tidak dapat dihindari. Untuk mencegahnya, oleskan krim tabir surya setidaknya 30 menit sebelum Anda beraktivitas.

Sesuaikan jumlah SPF krim tersebut dengan aktivitas Anda. Oleskan lebih banyak di beberapa area yang lebih mudah terkena resiko tebakar matahari seperti wajah, bahu, leher bagian belakang serta punggung.

2. Kacamata Hitam

Saat berada di bawah paparan sinar matahari, mata kita sering menyipit karena sinar yang terlalu terang. Sinar UV trnyata tidak hanya berbahaya untuk tubuh, namun juga dapat mengganggu penglihatan kita.

Untuk menghindarinya, pakailah kaca mata dengan lensa khusus anti UV yang mampu melindungi mata Anda. Hindari memilih kacamata berwarna yang sebenarnya tidak memiliki lensa khusus anti UV.

3. Topi

Bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas berjalan seperti mendaki gunung atau trekking, sebaiknya Anda memakai topi untuk menghindarkan wajah Anda dari bahaya sinar UV.

Kegunaan topi banyak diabaikan karena pada beberapa orang dianggap membuat penampilan mereka tidak lebih baik, namun karena kegunaannya yang cukup baik untuk melindungi wajah dari sinar UV, pastikan topi ada dalam bawaan Anda.

4. Cardigan

Bagi sebagian besar orang, liburan musim panas mungkin identik dengan pakaian yang cukup minim untuk menghindari hawa panas. Akan tetapi, tanpa Anda sadari bahaya sinar UV dapat mengenai kulit anda, terlebih jika Anda berada di bawah paparan sinar matahari cukup lama.

Siapkan cardigan ataupun baju berlengan panjang yang dapat Anda gunakan saat Anda butuhkan. Terkadang sinar matahari juga menimbulkan rasa sakit pada kulit dan mengenakan cardigan dapat mengatasi rasa sakit tersebut.

Pilih cardigan maupun baju lengan panjang dengan bahan yang cukup ringan sehingga tidak panas dikenakan, namun justru memberi rasa sejuk. Bahan katun sangat tepat untuk Anda kenakan.

***

Itulah 4 benda yang sebaiknyaAnda bawa saat liburan musim panas. Tetap lindungi tubuh Anda dari bahaya sinar UV dan selamat berlibur!

(photo: http://massvisionsunglassblog.com/)