Loading...

5 Tips dan Cara Membantu Anak Belajar Bahasa Asing

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga, Pendidikan

5 Tips dan Cara Membantu Anak Belajar Bahasa AsingTERUSKAN.COM – Banyak orang tua yang telah menyadari betapa pentingnya peran bahasa asing dalam berbagai bidang di dunia saat ini, terutama dalam bidang pekerjaan.

Bahasa asing juga yang menjadi pembebas batas antar negara karena dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang dari bermacam-macam latar belakang kewarganegaraan.

Hal ini pula yang kiranya membuat banyak orang tua menyekolahkan anaknya di beberapa sekolah yang menggunakan beberapa bahasa asing dalam pengajarannya, maupun mendaftarkan anaknya dalam les bahasa asing di luar jam sekolah.

Loading...

Mempelajari bahasa asing bagi anak-anak juga turut memberikan manfaat yang besar. Anak-anak pada usia sekolah juga diyakini memiliki kemampuan menghapal yang sangat baik sehingga mempelajari bahasa asing tidaklah menjadi perkara yang sulit bagi mereka.

Jika Anda sedang membantu anak Anda mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin dan lain sebagainya, berikut adalah beberapa tips dan cara yang dapat anda lakukan untuk membantu anak mampu berbahasa asing dengan cepat dan mudah.

1. Catatan Kecil

Salah satu kunci utama sukses belajar bahasa asing adalah mempelajarinya dengan rutin, karena membiasakan menggunakan atau mempraktikkan bahasa asing terutama dalam kegiatan sehari-hari sangat membantu daan penguasaan bahasa asing tersebut.

Siapkan catatan kecil seperti buku tulis berukuran mini yang dapat dimasukkan ke dalam saku dan mudah dibawa kemana-mana, dan minta anak Anda untuk menuliskan kata-kata dalam bahasa asing dalam buku tersebut yang dapat dibaca berulang-ulang.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan menempelkan catatan di beberapa benda di rumah yang mudah terlihat seperti pintu kamar, pintu lemari es, dan lain lain.

2. Film

Film diyakini menjadi salah satu media pembelajaran bahasa asing yang sangat baik karena anak-anak mudah tertarik dengan gambar dan suara. Anda dapat memilih film yang berasal dari negara berbahasa asing tersebut dengan subtitle Bahasa Indonesia.

Anak dapat melihat film dan mengikuti jalan cerita, sekaligus secara bersamaan belajar bahasa asing. Selain itu, film juga sering memuat unsur budaya sebuah negara yang juga penting dalam penguasaan bahasa asing.

3. Musik

Media lain yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa asing adalah musik. Lagu anak-anak dalam bahasa asing sangat banyak jumlahnya dan dapat Anda perdengarkan ke anak setidaknya sekali dalam sehari.

Lagu dalam bahasa asing akan sangat mudah ditiru anak-anak dan tentunya memudahkan mereka dalam menguasai bahasa asing tersebut.

4. Praktek Sehari-hari

Tips yang satu ini sangat baik untuk dipraktekkan dan pasti dapat membantu anak anda menguasai bahasa asing. Bantu anak Anda dengan mempraktikkan bahasa asing tersebut dalam aktivitas sehari-hari. Selipkan kalimat atau kata berbahasa asing dalam penggunaan bahasa Anda sehari-hari.

Gunakan dalam kalimat-kalimat yang cukup sederhana seperti apa kabar, sudah makan atau belum, dia suka makan apa, bagaimana harinya, maupun dalam beberapa kata seperti angka dan warna.

5. Permainan

Tips yang terakhir ini mungkin sangat digemari oleh anak karena permainan selalu identik dengan aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat membeli set permainan dengan berbagai jenis media seperti kartu, balok, hingga yang digital.

Ajak anak anda untuk bermain bersama sambil belajar bahasa asing.

***

Dengan 5 tips diatas, diharapkan penguasaan bahasa asing anak Anda semakin baik.

Semoga bermanfaat!

(photo: http://i.telegraph.co.uk/)