Loading...

6 Tips Aman Melakukan Internet Banking

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Teknologi

6 Tips Aman Melakukan Internet BankingTERUSKAN.COM – Online banking atau internet banking telah menjadi bagian dari kehidupan kita saat ini. Bahkan internet banking saat ini sudah hampir dimiliki setiap perusahaan untuk lebih mempermudah para nasabah yang ingin bertransaksi dengan nyaman dari rumah mereka.

Selain itu, Anda tidak perlu mengantri panjang untuk melakukan transaksi. Yang Anda butuhkan hanya smartphone dan aplikasi internet banking untuk menjalankannya.

Meskipun memberikan kenyamanan dan kemudahan, namun internet banking juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut tips untuk mengatasinya:

Loading...

1. Mengubah password sebulan atau beberapa bulan sekali

Untuk menjaganya tetap aman, mengubah password Anda setiap beberapa bulan atau setiap bulan akan mengurangi kemungkinan pencurian online dan hacking. Ubah password Anda dan pastikan Anda mengingatnya.

Hindari menggunakan password tanggal kelahiran atau angka yang sama, menggunakan angka acak akan lebih baik.

2. Pastikan anda keluar sepenuhnya dan menghapus semua cookies setelah bertransaksi

Cobalah untuk menggunakan komputer pribadi atau perangkat untuk melakukan transaksi online atau perbankan. Jika Anda harus menggunakan komputer lain, pastikan Anda keluar sepenuhnya.

Setelah sign out Anda juga harus menghapus semua cookies. Selain itu, menghapus history juga akan menjauhkan dari masalah nantinya.

3. Baca email dari Bank secara seksama 

Sangat penting untuk Anda membaca dengan seksama petunjuk atau email yang Anda terima dari bank. Ini akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak menjawab email dari sumber lain.

4. Waspadai Email Phishing

Phishing adalah ketika seorang penjahat mengirimkan email dengan link palsu, berusaha agar Anda mengkliknya dan memberikan informasi pribadi. Bila Anda membuat akun bank online, Anda mungkin mendapatkan salah satu dari email ini. Jika Anda mengklik link palsu, itu akan membawa Anda ke situs web yang terlihat dan bertindak seperti halaman login bank Anda.

Halaman ini sebenarnya dibentuk untuk mencuri informasi login Anda. Dalam beberapa menit, hacker akan masuk ke akun Anda dan mulai mencuri uang Anda dan informasi pribadi Anda.

Anda harus menyadari hal ini dan segera menelepon bank jika Anda berpikir Anda telah melakukan kesalahan. Anda juga dpaat melakukan konfirmasi sebelumnya jika Anda ragu.

5. Jangan download E-Report Anda ke komputer lain

Jika Anda men-download e-report Anda, lakukan di komputer pribadi atau perangkat pribadi Anda. Jangan download ke komputer lain. Jika karena alasan tertentu Anda harus melakukannya segera hapus pada  recycle bin.

6. Jangan berbagi informasi akun Anda dengan semua orang

Pastikan Anda tidak berbagi informasi akun Anda dengan semua orang. Bukan hanya username dan password, tetapi Anda juga harus berhati-hati mengenai nomor rekening Anda. Jika Anda menggunakan akun untuk menerima dana, pastikan  berbeda dari akun pribadi Anda.

Tetap aman saat melakukan online banking dan mematuhi aturan atau petunjuk yang diberikan bank, akan menjauhkan Anda dari masalah mental dan finansial di masa depan.

(photo: http://images.says.com/)