Loading...

8 Tips Agar Tetap Sehat Selama Musim Hujan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

8 Tips Agar Tetap Sehat Selama Musim Hujan TERUSKAN.COM – Musim hujan tidak hanya menjadi musim yang menenangkan dan indah untuk dinikmati, tetapi juga dapat membawa masalah, khususnya bagi kesehatan.

Hujan biasanya menyebabkan beberapa penyakit seperti demam, flu, panas atau beberapa masalah pencernaan.

Untuk menikmati musim hujan tetap dalam keadaan sehat,  tentunya Anda dapat melakukannya dengan beberapa tips berikut, dilansir dari magforwomen.

Loading...

1. Mengkonsumsi Sayuran Segar

Mengkonsumsi sayuran segar dan buah-buahan di musim hujan sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan. Hindari mengkonsumsi junk food atau makanan olahan, atau sayuran beku.

Jika ingin mengkonsumsi sayuran, sebaiknya cuci sayuran dengan air hangat sebelum dikonsumsi. Atau Anda dapat memilih sayuran organik yang tersedia di supermarket. Mengkonsumsi minimal dua porsi sayuran segar dan satu porsi buah di musim hujan akan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

2. Menjaga Kebersihan

Cuci tangan Anda setiba di rumah. Atau gunakan anti bakteri yang tepat untuk menjaga tangan terhindar dari bakteri. Menjaga kebersihan tangan tidak hanya d imusim hujan, tetapai juga di musim lainnya.

3. Minum Teh Herbal

Kebanyakan teh herbal memiliki manfaat kandungan obat yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi setidaknya dua cangkir teh herbal di musim hujan akan sangat baik untuk tubuh.

Teh hijau misalnya. Teh hijau akan mendetoksifikasi tubuh Anda dan membantu untuk melindungi tubuh dari serangan pilek dan flu, yang umumnya terjadi di musim hujan. Mint dan teh kemangi juga memiliki khasiat menyembuhkan bagi tubuh.

4. Menghangatkan Diri

Saat akan keluar rumah, usahakan untuk selalu menggunakan pakaian yang menghangatkan tubuh Anda seperti mantel dan jaket berbahan tebal.  Selain itu, menggunakan boot karet dan jas hujan juga akan menjauhkan Anda dari air yang terkontaminasi.

Jangan lupa menggunakan payung untuk berjaga-jaga. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

5.  Jangan Biarkan Nyamuk Berkembang-Biak

Penyebab utama dari semua penyakit saat musim hujan yaitu perkembangbiakan nyamuk yang meningkat.

Jangan biarkan nyamuk berkembang biak di rumah Anda. Bersihkan daerah dekat tanaman Anda dan menguras bak saat musim hujan akan menghindari nyamuk berkembang-biak.

7. Tetap Kering

Saat kehujanan, segeralah mengeringkan diri. Badan yang basah untuk waktu yang sangat lama bisa membuat tubuh menjadi drop.

Untuk menghindari demam atau flu, saat kehujanan segera mandi dengan air panas untuk kembali mengatur suhu tubuh menjadi normal.

8. Mengkonsumsi Vitamin C

Hujan memberi pengaruh besar terhadap kekebalan tubuh. Sangat penting untuk tetap menjaga kekebalan tubuh sehingga terhindari dari berbagai jenis penyakit.

Mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk apapun seperti suplemen vitamin C harian akan memberikan perlawanan yang diperlukan. Atau jika Anda kurang mneyukai suplemen, mendapatkan vitamin C dari jus jeruk juga menjadi solusi lainnya.

Sangat penting menjaga kesehatan di musim hujan, karena itu pastikan asupan makanan sehat dan vitamin Anda dikonsumsi dengan baik.

 (photo: grandparents.com)