Loading...

Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara AlamiTERUSKAN.COM – Penyakit gusi bengkak kerap menimpa dan rasanya sangat tidak enak. Sulit untuk makan ataupun bicara, sama seperti saat sedang menderita sakit sariawan atau sakit gigi, sungguh menjengkelkan.

Namun jangan terlalu khawatir, bahkan jika kondisi gusi bengkak tersebut termasuk ke dalam kategori parah yang diikuti dengan nanah, usahakan untuk tetap rileks menyikapinya.

Penyakit ini merupakan kategori penyakit tidak berbahaya. Namun lebih baik jika dapat segera dicegah dan diobati dengan menerapkan beberapa macam obat tradisional di rumah. Ramuan obat gusi bengkak tradisional biasanya sangat manjur mengobati penyakit tersebut sehingga berangsurmembaik atau hilang dengan sendirinya.

Loading...

Berikut adalah beberapa bahan herbal dan alami yang ampuh untuk mencegah dan mengobati gusi bengkak secara alami :

1. Kelapa Muda dan Kuning Telur

Kelapa muda, ambil dagingnya yang masih lembek dan sedikit encer. Lalu bersama dengan airnya campurkan dengan sebutir kuning telur yang sudah dipisah dari putih telurnya. Aduk rata dan dapat Anda minum sekali dalam sehari secara rutin selama sakit.

2. Air Garam Hangat

Berkumur dengan menggunakan air garam merupakan salah satu cara tradisional yang sangat ampuh untuk meredakan rasa sakit di mulut selama beberapa menit. Air garam adalah salah satu zat antiseptik yang mampu melawan kuman.

Berkumurlah dengan air garam hangat selama beberapa kali dalam sehari. Setelah itu, Anda dapat menggosok gigi lalu berkumur lagi dengan air dingin yang bersih.

3. Hidrogen Peroksida atau Baking Soda

Anda juga dapat menggunakan obat kumur alami buatan sendiri. Caranya mudah, campurkan air secukupnya dengan hidrogen peroksida atau baking soda. Obat kumur ampuh mengurangi rasa sakit pada gusi.

Berkumurlah beberapa kali dalam sehari guna mencegah produksi dan penyebaran bakteri di dalam mulut.

4. Minum Banyak Air

Minum air dalam jumlah yang tepat bisa membuat mulut menghasilkan air liur dalam jumlah lebih banyak. Selain bagus untuk pencernaan, air liur bermanfaat dalam membunuh kuman-kuman dan bakteri dalam mulut.

Jadi, saat Anda merasa gusi sakit, perbanyaklah minum air untuk menjaga kebersihan mulut terhadap sarang bakteri dan kuman.

5. Memijat Gusi

Anda dapat memijat bagian gusi yang sakit dengan menggunakan jari telunjuk yang tentunya bersih. Gosok gusi secara perlahan dan lembut dengan gerakan melingkar dari awal garis gusi.

Pijatan pada gusi dapat membuat sirkulasi darah Anda meningkat dan hal ini akan membantu proses penyembuhan.

6. Menghindari Makanan Penyebab Plak

Hindari makan makanan yang mudah menempel pada gusi dan membangun plak seperti roti dan sebagainya. Perbanyaklah mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah tepat seperti sayuran segar dan buah-buahan.

7. Sikat Gigi Teratur

Sikat gigi secara teratur dapat menjaga kebersihan mulut dan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

8. Sirih

Ambil 15 gram daun dan akar sirih lalu campurkan dengan 20 gram pasta kunyit dan garam secukupnya, rebus bahan-bahan hingga terseisa 500 cc, selanjutnya saring dan airnya ampuh sebagai obat kumur atau dapat juga diminum seperti jamu.

9. Minyak Cengkeh dan Lada Hitam

Minyak cengkeh merupakan obat tradisional yang sejak dulu kala digunakan untuk mengobati infeksi gusi bengkak. Caranya sangat mudah yaitu mengusapkan minyak cengkeh dengan sedikit lada hitam untuk mengurangi atau meredakan rasa sakit pada gusi.

(photo: www.aktualpost.com)