Loading...

Manfaat Kucai Untuk Kesehatan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Manfaat Kucai Untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Kucai atau bawang kucai, serta daun kucai, adalah salah satu jenis sayuran yang pada umumnya disajikan dalam bentuk irisan kecil sebagai pelengkap beberapa jenis hidangan berkuah seperti sup.

Tapi di Indonesia, kucai jarang digunakan dalam mengolah makanan.

Kucai sering digunakan untuk masakan Tiongkok dan Jepang seperti bubur ayam dan isi jiaozi.

Loading...

Selain bermanfaat untuk masakan, kucai ternyata memberikan khasiat kesehatan cukup tinggi bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat dari kucai untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Kucai berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Makanan ini sering dikonsumsi olehmereka yang sedang melakukan diet. Kucai kaya akan kandungan antioksidan tinggi, serat, vitamin, kalsium dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Mencegah Sembelit

Kucai kaya akan serat makanan yang bisa membantu memperlancar pencernaan. Seratyang terdapat di setiap helai daun kucai mampu menghilangkan sembelit.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Kucai banyak mengandung zat allicin seperti pada bawang putih dan daun bawang. Zat allicin dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolestrol dalam tubuh.

Di samping itu juga bermanfaat untuk menghilangkan bakteri dan jamur dalam saluran usus.

4. Mencegah Kanker

Flavonoid dan sulfur yang terdapat di dalam kucai ampuh mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru -paru dan kanker perut. Kucai bisa melawan radikal bebas dan mencegah perkembangan kanker menjadi semakin ganas.

5. Mengatasi masalah kulit dan membantu mencegah jerawat

Kucai mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat tepat untuk mengatasi infeksi kulit. Gunakan kucai ketika akan memakai lotion, scrub dan luka. Kucai juga ampuh membunuh bakteri dan jamur saat kulit Anda mengalami memar.

Juga kucai bisa membantu mencegah jerawat dengan kandungan betakaroten yang terdapat didalamnya bermanfaat untuk membersihkan kulit, sehingga kulit terbebas dari jerawat dan mempercerah kulit.

6. Mencegah rambut rusak

Daun kucai ampuh memperkuat folikel rambut dan meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke akar. Kucai sering digunakan sebagai bahan dasar dalam beberapa produk perawatan rambut, karena dikenal ampuh menghentikan rambut rontok.

Kucai segar adalah sumber yang kaya folat. Dalam 100 g daun terdapat 105 mg atau 26% DRI folat. Asam folat sangat penting untuk sintesis DNA dan pembelahan sel. Tingkat folat yang memadai dalam diet selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

Selain itu, daunnya dikemas dengan vitamin B-kompleks serta beberapa mineral penting seperti tembaga, besi, mangan, seng, dan kalsium, berisi beberapa vitamin penting seperti piridoksin, asam pantotenat, niasin, riboflavin, dan thiamin dalam proporsi yang sehat.

Demikianlah enam khasiat mengkonsumsi kucai sebagai bahan tambahan masakan yang dapat dihidangkan setiap hari. Semoga bermanfaat.