Loading...

10 Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

10 Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit dan RambutTERUSKAN.COM – Minyak zaitun selalu menjadi cara yang efektif dan murah untuk mempercantik kulit. Wanita dari seluruh dunia menggunakannya sebagai produk perawatan kulit alami.

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, fenol, squalene yang mencegah radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan

Berikut 10 cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulit dan rambut:

Loading...

Perawatan Kulit

1. Pelembab Kulit

Minyak zaitun sangat mungkin menjadi pelembab terbaik khususnya untuk area kulit kering seperti siku dan lutut. Minyak zaitun terserap jauh ke dalam kulit sehingga akan membuat kulit lebih lembab.

Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun dalam air dengan sedikit perasan air jeruk yang berguna untuk merendam kulit atau menggunakannya sebagai krim malam atau pelembab setiap hari.

2. Exfoliator

Minyak zaitun tidak hanya melembutkan kulit kering tetapi juga bertindak sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit mati dan bersisik. Anda dapat mencampurkan minyak zaitun dengan sedikit lidah buaya yang akan membuatnya meresap lebih baik ke dalam kulit.

Untuk cara lain yang lebih sederhana, Anda dapat mencampurnya dengan garam laut lalu lakukan gosokan dan pijat dengan baik ke daerah yang kering untuk memisahkan kulit mati pada tubuh Anda setelah mandi.

3. Kulit Gatal

Minyak zaitun memiliki komponen seperti lemak dan antioksidan yang sangat membantu untuk menenangkan kulit kering atau gatal.

Jika Anda memiliki kulit terbakar karena matahari, tuangkan minyak zaitun dengan menggunakan busa ke  seluruh tubuh Anda setiap hari setelah mandi. Ini akan menjaga kulit Anda tetap halus dan lentur.

4. Mengurangi Keriput

Minyak zaitun tinggi akan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mengobati dan mencegah keriput. Banyak pria dan wanita yang menggunakan minyak zaitun untuk mendapatkan kulit bebas kerut, karena minyak zaitun mengandung bahan alami yaitu vitamin E.

Anda dapat menggabungkannya dengan gel lidah buaya, dan minyak esensial  antikerut yang sesuai. Penggunaan  minyak zaitun secara teratur akan melembutkan kulit di sekitar mata dan menyamarkan garis keriput.

5. Anti-Aging

Minyak zaitun dikemas dengan kandungan antioksidan, termasuk vitamin E, yang bekerja secara alami untuk melindungi Anda dari radikal bebas yang dikenal  mempercepat proses penuaanSifat anti-penuaan pada minyak zaitun berasal dari polifenol dan asam oleat yang terkandung di dalamnya.

Mencampurkan minyak zaitun dalam masker wajah akan memberikan kontribusi untuk proses regenerasi kulit, kelembaban, dan mempertahankan elastisitasnya.

6. Makeup

Hanya dengan setetes minyak zaitun pada bola kapas dapat digunakan untuk menghapus makeup Anda tanpa harus mengalami iritasi kulit halus di sekitar mata.

7. Perawatan Kuku dan Kutikula

Minyak zaitun juga merupakan solusi sederhana untuk kulit kering di sekitar kuku dan kutikula. Cukup menggosok beberapa tetes ke daerah kutikula dan di sekitar kuku akan membuatnya tetap lembab dan  bersinar.

Selain itu juga  sangat baik untuk menguatkan kuku Anda. Lakukan perawatan kulit di tangan Anda dan kulit di sekitar kuku Anda.

Perawatan Rambut

8. Mengatasi Ketombe

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai kondisioner dan mengkontrol ketombe.

Jika Anda menderita masalah seperti rambut kering, kulit kepala terkelupas atau ketombe, minyak zaitun menjamin pertumbuhan lembut, mengkilap dan sehat. Minyak zaitun juga cocok untuk semua jenis rambut.

9. Hot Oil

Minyak zaitun juga digunakan untuk perawatan hot-oil. Hangatkan sedikit minyak dalam mangkuk dan oleskan pada rambut lalu lakukan pijatan pada kulit kepala. Pastikan seluruh kulit kepala tertutupi dengan minyak zaitun. Setelah itu, bungkus rambut  dengan menggunakan handuk dan biarkan minyak zaitun semalaman.

Saat pagi hari, rambut siap dibilas. Ingat, jangan panaskan minyak terlalu lama karena akan menghilangkan sifat-sifatnya saat suhu terlalu panas.

10. Perawatan Rambut Keriting

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk rambut keriting. Pijat dengan ujung jari Anda dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bersihkan rambut setelah 30 menit. Menggunakannya setiap seminggu sekali akan memberikan hasil yang memuaskan.

(photo: www.beautythroughstrength.com)