Loading...

Manfaat Dark Chocolate Untuk Kecantikan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Resep

Manfaat Dark Chocolate Untuk Kecantikan TERUSKAN.COM – Saat memikirkan cokelat, hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda mungkin kalori’!

Ya, banyak mitos yang mengatakan semakin sering Anda mengkonsumsi cokelat semakin banyak kalori dan lemak yang didapatkan. Namun, studi terbaru telah menunjukkan bahwa hal ini tidak berlaku pada dark chocolate atau  cokelat hitam.

Dark chocolate mengandung antioksidan, penting yang berguna bagi tubuh. Bahkan, vitamin, mineral dan antioksidan juga hadir dalam cokelat hitam yang dapat dimanfaatkan dalam banyak perawatan termasuk untuk kecantikan

Loading...

Bahkan jika Anda tidak ingin mengkonsumsi cokelat, berikut beberapa manfaat kecantikan yang bisa Anda dapatkan dari cokelat untuk kecantikan kulit.

1. Melindungi Terhadap Sinar UV

Cokelat mengandung flavanol, yang mampu melindungi kulit terhadap sinar UV. Bahkan, menggunakan cokelat langsung pada kulit akan membantu  melembabkan dan juga membantu menyembuhkan sunburn (terbakar matahari).

2. Mendetoksifikasi Kulit

Jika Anda mengkombinasikan kafein dan cokelat hitam, akan membantu menyingkirkan sel kulit mati dari tubuh. Selain itu, ia akan meregenerasi kulit agar terlihat lebih segar dan muda.

Inilah yang menjadi alasan mengapa cokelat merupakan unsur penting atau banyak digunakan sebagai bahan dalam body scrub dan exfoliator.

3. Menyuburkan Rambut

Selain memperlancar  sirkulasi darah, cokelat hitam juga mempromosikan sirkulasi darah dari kulit kepala, sehingga membantu dalam proses pertumbuhan rambut yang lebih baik dan berperang melawan rambut rontok.

Hal ini dimungkinkan karena coklat yang kaya akan seng, besi, tembaga dan mineral lainnya yang berfungsi meningkatkan proses pembaharuan sel dalam tubuh.

4. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Untuk mendapatkan rambut yang mengkilap dan berkilau, Anda dapat membuat masker perawatan rambut dan kulit kepala sendiri di rumah.

Ambil beberapa potong  cokelat hitam lalu lelehkan. Setelah itu campurkan dengan menggunakan yogurt dan madu. Terapkan secara menyeluruh dan biarkan sekitar setengah jam sebelum keramas. Ini akan membuat rambut Anda halus  dan mengkilap.

5. Mencegah Garis Halus dan Kerutan

Cokelat dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan dengan sangat baik. Cokelat akan memperbaiki kolagen sehingga dipastikan kulit Anda tetap kencang dan indah.Anda dapat mengkonsumsinya langsung atau menerapkannya pada wajah sebagai masker.

DIY Masker Cokelat

Campurkan yogurt, madu dan cocoa powder hitam lalu oleskan secara merata pada wajah dan leher. Lalu diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

DIY Plumping Lips Scrub

Campurkan satu sendok makan gula merahmadu, satu sendok teh minyak zaitun atau kelapa dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Setelah tercamur, gosokkan pada bibir yang kering, pecah-pecah dengan menggunakan sikat gigi bekas dan gosok dengan lembut.

Cokelat tidak hanya membuat suasana hati menjadi senang dan bahagia, melainkan memberikan manfaat kecantikan untuk Anda. Jadi, masukkan cokelat dalam daftar belanjaan untuk perawatan kecantikan Anda.

Cokelat aman dan tidak memberikan efek samping untuk kulit Anda. Tetapi untuk Anda yang memiliki kondisi kulit yang sensitif, lakukan uji coba terlebih dulu sebelum menggunakannya.