Loading...

Tips Membeli Rumah

Penulis: Nuzulia Rubrik: Finansial

Tips Membeli RumahTERUSKAN.COM – Memiliki rumah yang sesuai dengan apa yang diidamkan dan diimpikan tentu sangat menyenangkan. Sebagian besar dari kita pun rela bekerja keras untuk mewujudkannya.

Demi untuk mendapatkannya, berbagai macam cara dilakukan. Mulai dari menabung sedikit demi sedikit, berharap bisa membeli rumah secara tunai, ada pula yang memanfaatkan fasilitas kredit dari perbankan.

Membeli dan memilih rumah bukanlah persoalan mencari tempat berteduh bagi keluarga saja. Keamanan dan kenyamanan penghuni rumah adalah persoalan tak kalah penting yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli rumah.

Loading...

Nah, berikut adalah tips membeli rumah agar sesuai kebutuhan dan keinginan:

1. Tentukan bentuk rumah yang diinginkan

Sebelum membeli rumah, tentukan bentuk rumah ingin dibeli. Apakah akan membeli rumah dengan gaya minimalis? atau klasik? Tentukan berapa jumlah ruang yang harus ada di dalam rumah.

Misal jika Anda memiliki keluarga kecil dengan 2 orang anak, maka pilih rumah dengan 3 kamar tidur. Antisipasi jika anak telah dewasa kelak.

2. Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin

Mengumpulkan informasi ini bisa dengan membeli majalah yang memuat tentang properti, atau bisa juga mendatangi agen properti.

Informasi dasar yang harus digali adalah mengenai harga rumah, cara pembayaran, fasilitas yang diperoleh seperti air dan listrik, status tanah dan bangunan, dan lain sebagainya.

Anda bisa mendatangi lebih dari satu agen properti untuk melakukan perbandingan.

3. Membeli rumah melalui jasa KPR

Jika memilih membeli rumah melalui jasa Kredit Pemilikan Rumah (KPR), perhatikan hal–hal berikut:

a. Pilih lembaga yang membuka jasa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang memiliki rekam jejak yang bagus di bidangnya. Anda bisa meminta pendapat keluarga, teman, sahabat, untuk mendapatkan informasi KPR yang bagus. Anda juga bisa mengunjungi lembaga tersebut untuk memperoleh informasi.
b. Gali informasi mengenai jumlah angsuran, suku bunga, uang muka yang harus dibayar, biaya KPR, dan ketentuan–ketentuan lainnya.

4. Lihat rumah secara teliti

Setelah Anda deal dengan pengembang atau pengajuan KPR telah disetujui, Anda akan diajak untuk melihat kondisi rumah.

Pada saat itu, Anda harus teliti melihat kondisi rumah, untuk meminimalisir risiko di kemudian hari. Jika perlu jelajahi setiap sudut rumah, tanyakan secara mendetail kepada pihak pengembang.

5. Membeli rumah lama

Jika berniat membeli rumah lama, maka Anda harus lebih teliti lagi. Saat melihat rumah, tanyakan mengenai riwayat kepemilikan kepada pemilik rumah. Anda juga bisa bertanya kepada tetangga di sekitar rumah untuk melakukan observasi.

Cek keabsahan surat-surat rumah seperti sertifikat tanah. Untuk hal yang satu ini, Anda bisa menggunakan jasa notaris. Cek juga pajak bumi dan bangunan, telepon, listrik, dan PDAM. Hal ini perlu agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

(photo: http://codyincalgary.com/)