Loading...

7 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mempengaruhi Kebahagiaan Anda

Penulis: Mayrani Rubrik: Remaja, Wanita

7 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mempengaruhi Kebahagiaan AndaTERUSKAN.COM – Sungguh mengejutkan, berapa banyak dari kita yang gagal mengenali dan, oleh karena itu, mengekang kebiasaan buruk yang merusak diri kita sendiri.

Bisa jadi kita menemukan diri kita dalam keadaan penyangkalan dan menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa kita masih di bawah kontrol.

Tapi sebelum dapat mengenali kebiasaan ini, apa yang dimaksud dengan ‘kebiasaan beracun’ ialah setiap pola perilaku yang dapat membawa pengaruh negatif dan berbahaya.

Loading...

1. Minum terlalu banyak

Dalam dunia yang semakin penuh dengan tekanan dan kesibukan hari ini, mudah untuk ikut terserap. Bagi banyak orang, duduk dan bersantai dengan segelas anggur dingin setelah menjalani hari yang berat adalah cara terbaik untuk bersantai. Benar?

Sayangnya, minum sesekali sangat mudah berubah menjadi kebiasaan sehari-hari dan gelas berubah menjadi botol.

Kita perlu ingat bahwa minum terlalu banyak adalah kebiasaan buruk. Ini berbahaya tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga merugikan ingatan, kemampuan kognitif, keterampilan sosial, dan bahkan hubungan Anda.

2. Terlalu banyak makan

Makan dengan nyaman adalah perangkap umum lain untuk jatuh ke dalam masa-masa sulit dan menantang.

Hari-hari ini, menemukan makanan ringan yang murah dan lezat tapi benar-benar tidak sehat bisa lebih mudah. Godaan selalu ada di sekitar.

Tapi sama seperti minuman keras, makan berlebihan adalah salah satu hal yang bisa dengan mudah merayap hingga Anda tiba-tiba menemukan diri Anda kelebihan berat badan dan menderita semua efek samping negatif.

Untuk hidup sehat dan bahagia, penting bagi Anda untuk mengatur pola makan yang sehat dan seimbang.

3. Berusaha menyenangkan semua orang

Setiap orang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dan belajar untuk berkata “Tidak.” Ini hanya membutuhkan latihan dan tekad. Cobalah!

4. Olahraga berlebihan

Olahraga yang terlalu obsesif kompulsif merupakan kebiasaan yang sangat berbahaya dan beracun. Tidak hanya dapat membawa pada kelelahan ekstrim, cedera, dan masalah kesehatan jangka panjang, tetapi juga sejumlah penyakit mental, kecemasan, masalah hubungan, dan tidak adanya kehidupan sosial.

Jika Anda termasuk orang yang mengambil semua kelas gym, kurangi latihan dan mulailah menikmati hidup Anda.

5. Khawatir

Oke, setiap orang memiliki sedikit rasa khawatir sekarang dan kemudian. Itu normal. Tetapi beberapa orang terjebak dalam pola ini sebagai modus default mereka.

Faktanya, khawatir secara harfiah bisa berarti pembunuh. Ini adalah kebiasaan yang merusak dan sangat beracun yang menghancurkan tubuh, menguras energi, mengacaukan pola tidur, dan menghentikan Anda untuk mengambil tindakan tegas.

Tapi, seperti kebanyakan hal, ada jalan keluar. Jika Anda seorang pencemas, disarankan untuk mencari bantuan dari teman, keluarga, atau ahli profesional, sehingga Anda dapat mulai menjalani kehidupan yang penuh dan sehat kembali.

6. Belanja berlebihan

Ya, belanja secara berlebihan adalah kebiasaan buruk. Orang-orang yang terlalu menikmati terapi belanja lebih sering mencoba untuk membeli kebahagiaan. Tapi sayangnya, kebahagiaan tidak bisa dibeli.

Ketika kita menghamburkan uang untuk hal yang tidak kita benar-benar butuhkan, kita tidak hanya dapat berakhir dengan belenggu utang, tetapi juga sangat tidak puas dengan apa yang kita miliki dan malah ingin berfoya-foya lagi.

Jadi, jangan melakukan pengeluaran yang tidak perlu. Jika Anda ingin mengeluarkan uang, berikan pada mereka yang membutuhkan. Hal itu lebih baik.

7. Ketergantungan pada jaringan sosial

Jika Anda merasa tidak nyaman karena tidak membuka media sosial selama beberapa jam, atau perlu mengunggah minimal 10 foto selfie dalam sehari, kemungkinan Anda mengalami ketergantungan.

Tanda-tandanya meliputi: menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari tanpa berpikir, terobsesi dengan mengumpulkan ‘teman’ atau ‘pengikut’ baru, merasa perlu melaporkan kepada dunia setiap hal kecil dari apa yang telah Anda lakukan, dan mengunggah foto setiap kali makan dan tempat yang telah dikunjungi.

Lakukan cek realitas dari waktu ke waktu, matikan internet, keluarlah dan mulai menikmati hubungan tatap muka dan kegembiraan dunia offline.

Nah, itulah gambaran singkat mengenai beberapa kebiasaan beracun yang dapat Anda miliki. Kabar baiknya adalah bahwa kesemuanya dapat dengan mudah dikenali, dan dengan beberapa perhatian, disiplin diri dan mungkin sedikit bantuan dari teman dan keluarga, semuanya dapat dikelola dengan baik.

(photo: www.youqueen.com)