Loading...

Waspada, Makanan Sehat Ini Bisa Merusak Diet Anda

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Waspada, Makanan Sehat Ini Bisa Merusak Diet AndaTERUSKAN.COM – Ingin langsing? Diet mungkin pilihan pertama yang akan muncul di kepala Anda karena akan mengurangi timbunan lemak yang tidak penting dan angka pada timbangan. Tetapi, melakukannya tidak semudah saat dikatakan.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Bahkan beberapa makanan yang Anda anggap sehat terkadang memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. 

Itulah sebabnya,  mengatur porsi untuk menu diet sangat penting diperhitungkan. Dan ini juga berlaku untuk buah-buahan, kacang-kacangan, yogurt, dan salad. 

Loading...

Jadi berhenti menyabotase diet Anda, dan simak beberapa jenis makanan sehat yang akan menjadi perusak diet Anda jika tidak diporsikan dengan benar berikut:

Alpukat

Buah super ini dikemas dengan nutrisi dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, serta serat yang baik untuk pencernaan dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.Tetapi jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi asupan alpukat.

Alpukat tinggi akan kandungan lemak dan kalori. Untuk satu porsi alpukat adalah sekitar 1/5 dari alpukat, yang mana terdapat 50 kalori, dan satu buah alpukat  akan memberikan lebih dari 350 kalori. 

Ini berarti bahwa  semangkuk kecil guacamole yang Anda nikmati dengan alpukat  tidak akan membuat diet Anda berhasil. Karena itu, akan lebih baik menikmati alpukat langsung tanpa menggunakan tambahan bahan lain.

Anggur Merah

Untuk Anda yang mengkonsumsi anggur merah dan jenis-jenis alkohol dalam jumlah normal, mungkin akan mengalami penurunan risiko dari penyakit jantung, Alzheimer, beberapa jenis kanker, dan bahkan berat badan.

Namun, saat ingin menurunkan berat badan, sebaiknya anggur merah tidak dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan, Anda sebaiknya menggunakan gelas takaran. 

Kacang

Kacang yang dikemas dengan asam lemak omega-3 baik untuk  jantung, begitu pula dengan protein, vitamin E, dan serat. Namun, kacang juga sarat akan kandungan kalori. Seperempat cangkir almond misalnya, mengandung sekitar 132 kalori. 

Jadi, saat Anda ingin menikmati semangkuk kacang almond, akan lebih baik jika Anda menakarnya terlebih dahulu untuk menghindari diet yang gagal karena semangkuk almond. 

Trail Mix

Kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan gandum, bagaimana itu bisa membuat Anda gemuk dan menghancurkan diet Anda?

Ingat, beberapa merek trail mix yang Anda beli di toko pastinya menggunakan tambahan madu, gula, dan cokelat yang hanya akan membuat Anda mendapatkan kembali kalori yang sudah susah payah Anda buang. 

Ditambah dengan kacang yang sudah memiliki kandungan kalori yang besar, maka semakin besar kemungkinan Anda gagal dalam diet. 

Karena itu, membuat trail mix sendiri tanpa tambahan madu atau gula akan lebih baik. 

Buah Kering

Buah kering umumnya berasal dari buah-buahan normal yang memiliki kandungan air namun dihilangkan. Jadi, secangkir buah kering dalam kemasan 5-8 kali lebih banyak mengandung kalori dan gula dibandingkan secangkir buah segar.

Secangkir anggur segar mengandung 60 kalori, sedangkan secangkir kismis mengandung 460 kalori. Karena itu, jika ingin diet yang sempurna, memilih buah segar sebagai cemilan akan lebih baik.

Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung polifenol yang membantu melawan penyakit dan bahkan telah dikaitkan dengan penurunan berat badan karena akan mengurangi nafsu makan. Satu ons kemasan cokelat hitam mengandung 155 kalori, 9 gram lemak dan  5 gram lemak tak jenuh.

Jika Anda ingin mengkonsumsinya sebagai cemilan,  memilih cokelat kakao akan sangat membantu. Ingat, meskipun cokelat hitam, jika dikonsumsi berlebihan akan tetap membuat Anda gemuk.

Smoothie

Apa yang salah dengan segelas buah yang dicampur dengan sayuran dan es? Ketika dibuat dengan bahan-bahan seperti cokelat, selai kacang, yogurt beku, atau sirup, maka akan dengan cepat menjadi sumber tambahan kalori.

Untuk mencegah minuman smoothie Anda menjadi bom kalori, gunakan buah segar tanpa pemanis, es, yogurt polos, dan susu tawar.

Salad Tuna

Satu porsi tuna kalengan mengandung 39 gram protein dan 179 kalori. Masalahnya adalah, kebanyakan orang menambahkan mayo, yang akan memberikan kalori dan lemak tambahan sebesar 90 kalori dan 10 gram lemak per sendok makan.

Ganti mayonaise dengan yogurt yunani untuk mendapatkan rasa tajam dan jumlah  kalori dan lemak yang lebih rendah dengan protein tambahan.

Kopi

Kafein dalam kopi dapat membantu melindungi sel-sel otak Anda terhadap kerusakan yang menyebabkan demensia, dan antioksidan yang akan menangkal penyakit. Tapi jika Anda memesan latte besar dengan susu, maka tubuh Anda akan mendapatkan 300 kalori dan 15 gram lemak. 

Minum kopi  hitam tanpa tambahkan susu bebas lemak dan satu sendok teh gula hanya akan memberikan 30 gram tambahan kalori.

Yogurt

Yogurt polos mengandung hanya 100 kalori dan memberikan dosis kalsium untuk pembentuk tulang. Tapi satu cangkir kecil yogurt dengan tambahan buah akan memberikan tambahan 150 kalori dan 26 gram gula. 

Konsumsi yogurt polos bebas lemak dan menambah rasa manis dengan buah segar dan madu akan lebih baik. Yogurt yunani dapat menjadi pilihan. 

Beberapa jenis makanan di atas memang sangat baik dalam membantu menurunkan berat tubuh, namun mengkonsumsinya sesuai takaran akan lebih baik dan memberikan keuntungan untuk diet Anda. 

Semoga bermanfaat.