Loading...

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Cara Alami Mengatasi Sakit TenggorokanTERUSKAN.COM – Tenggorokan yang sakit pastinya sangat mengganggu Anda, terlebih saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Meskipun rasa sakit yang dirasakan bisa menyebabkan beberapa masalah seperti flu, demam, radang amandel, atau demam glandular, tetapi Anda tidak perlu langsung mengkonsumsi obat-obatan.

Anda dapat mempercepat penyembuhan dengan obat-obatan alami dari beberapa bahan seperti kunyit, lemon atau minyak kelapa. Selain itu, masih ada beberapa cara alami untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan.

Loading...

1. Berkumur dengan kunyit dan air garam

Campurkan 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu kumur beberapa menit. Anda juga dapat berkumur hanya dengan menggunakan air garam saja.

2. Minum jus lemon tanpa gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon ke dalam segelas air hangat. Hindari menggunakan gula tambahan. Minum 2-3 kali sehari saat perut dalam keadaan kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Metode ini diyakini akan menghilangkan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Cairan ini juga akan menenangkan lambung dan membuat usus menjadi bersih.

3. Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan antimikroba alami yang dapat Anda gunakan. Minyak ini bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dikonsumsi atau dioleskan ke tubuh.

Ambil 2-3 sendok makan minyak kelapa dan pijat ke tubuh sekali atau dua kali sehari. Selain itu, juga dapat digunakan saat memasak. Minyak kelapa merupakan sumber energi bagi tubuh yang sangat baik dan lebih baik dari minyak goreng pada umumnya.

4. Hindari gula dan makanan olahan

Gula akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Oleh karena itu, lebih baik menghindari gula.

Makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, dan bahan tambahan berbahaya bagi kesehatan juga memiliki efek yang sama. Jadi, hindari jenis makanan tersebut jika ingin sakit tenggorokan Anda sembuh.

5. Percepat pemulihan dengan jus lemon dan sayuran

Tubuh menghabiskan cukup banyak energi untuk mencerna makanan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari makanan berat dan menggantinya dengan sup, sayuran atau jus lemon tanpa gula.

Dengan begitu, tubuh bisa menyimpan lebih banyak energi dan menggunakannya untuk melawan penyakit. Jenis diet seperti ini akan mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

6. Permen Pelega Tenggorokan

Permen yang berbahan jahe atau mint membantu melegakan tenggorokan yang terasa sakit. Anda bisa mendapatkannya di apotek atau swalayan. Beberapa permen pelega tenggorokan biasanya mengandung antibakteri yang akan melegakan tenggorokan.

Dan juga, permen membantu memproduksi air liur lebih banyak sehingga tidak membuat tenggorokan terasa kering. Anda bisa mengkonsumsi permen pelega tenggorokan setidaknya sekali sehari. Jika sudah merasa baikan, hentikan mengkonsumsi permen.

7. Teh Herbal

Secangkir teh hangat berbahan herbal sangat baik untuk menenangkan tenggorokan Anda. Anda bisa menambahkan satu sendok madu pada teh herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Teh memiliki kandungan antibakterial.

Memperbanyak minum air putih juga akan membantu memulihkan tenggorokan yang sakit. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mempercepat penyembuhan tenggorokan yang mengalami peradangan.

Semoga bermanfaat.